Keren, Siswa SMP Nuris Jember Juara 3 Catur Tingkat Kabupaten Jember Bondowoso

Aktif di Kegiatan Ekskul Catur, Cara Santri Hilangkan Jenuh dan Jaga Asa Prestasi

Pesantren Nuris – Prestasi siswa SMP Nuris Jember semakin bervariasi, tidak hanya sekadar bidang akademik dan kesenian, tetapi juga di bidang olahraga seperti catur. Ini terbukti, Kaeno Ijal Shabir berhasil meraih juara 3 dalam ajang Kejuaraan Catur Terbuka Kategori Catur Cepat Tingkat Jember Bondowoso  yang dilaksanakan oleh Sekolah Catur Billah pada Minggu, 28 Januari 2024 lalu,

Siswa yang kini duduk di kelas VIII C  SMP Nuris Jember ini memang menunjukkan talenta yang luar biasa di bidang bidak catur. Keikutsertaannya dalam kegiatan ekskul catur di SMP Nuris Jember menunjukkan potensi yang luara biasa dan terbilang peserta aktif dan unggul. Terbukti dengan partisipasinya kemarin dalam bersaing dengan berbagai peserta terbaik se-Jember dan Bondowoso.

“Iya kemarin ikut catur rasanya senang bisa menang juara 3. Saya memang suka catur bagi saya seperti lagi bermain-main meski banyak mikirnya. Semoga saya bisa lebih meningkatkan kemampuan saya ke depannya.” Ujar Kaeno.

“Sebagai santri yang tak selalu senang di pesantren, catur ini bisa jadi sarana hobi yang menyenangkan. Alhamdulillah di Nuris ada ekskul catur yang dilatih guru profesional, ini yang membuat semakin betah di pesantren.” Imbuhnya.

(baca juga: Mantul, 5 Siswa SMP Nuris Jember Borong Juara Tingkat Nasional di Kampus UNESA)

Pelatihan catur dalam rangkaian kegiatan ekskul ini dilaksanakan di luar jam sekolah dan kelas diniyah. Segenap santri yang berminat diperbolehkan secara terbuka mendaftar untuk menjalani pembimbingan dan kompetisi baik secara internal maupun eksternal.

Sebagai olaharga yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat, catur menjadi salah satu cabang ekskul yang banyak diminati di Pesantren Nuris Jember. Oleh karena itu, pembagian kelas ekskul catur di Pesantren Nuris Jember terbagi dalam dua kelas berbeda yakni, kelas junior untuk siswa SMP sederajat dan kelas senior untuk siswa SMA sederajat.

Galih Widodo selaku Koordinator Ekskul Nuris Jember menyatakan, “Kami bangga anak didik kami tidak hanya sekadar aktif di ekskul, tetapi juga semangat meraih prestasi. Mereka kami fasilitasi dan jam khusus untuk menyalurkan bakat minatnya sehingga tidak mengganggu waktu belajar dan mengajinya. Semoga mereka selalu sukses ke depannya.”[AF.Red]

Related Post