Gemar Belajar Biografi di SMA, Kini Kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat

Memegang Teguh Prinsip Ingin Menjadi Mahasiswa Agent of Change dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Pesantren Nuris – Bercita-cita ingin mewujudkan masyarakat dengan kualitas kesehatan yang bagus, alumni SMA Nuris tahun 2023 bernama lengkap Lutfiatul Habibah ini mantap memilih kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Gadis asli Jember, tepatnya kecamatan Bangsalsari ini sangat suka mata pelajaran Biologi saat duduk di bangku SMA. Ia sangat tertarik dengan semua hal yang berkaitan dengan Biologi, namun juga tertarik dengan kehidupan sosial masyarakat. Lutfi ingin kuliah di jurusan yang sesuai dengan kesukaannya. Keinginan orang tua agar Lutfi bisa kuliah, namun tidak sampai ke luar kota terwujud saat ia resmi diumumkan sebagai mahasiswa baru di Universitas Jember.

Lolos masuk kuliah melalui jalur SNBT membuat Lutfi dan orang tuanya sangat bersyukur. Lutfi sudah berencana akan kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat sejak SMA, karena ia yakin jurusan tersebut memiliki prospek kerja yang lebih luas daripada jurusan kesehatan lainnya. Kini harapannya tersebut telah terwujud. Ia merasakan kebesaran Allah SWT dan ketulusan doa orang tua yang membuatnya bisa melalui jalur SNBT dengan sangat mudah. Selain itu, ia mengaku terbiasa mengerjakan soal-soal yang mirip dengan SNBT saat sekolah di SMA Nuris Jember, yakni pelajaran TPS.

Lutfi adalah siswi yang cerdas dan berprestasi saat sekolah di SMA Nuris Jember. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesannya menjuarai olimpiade Biologi. Ia bersama timnya berhasil menyabet juara 2 tingkat kabupaten, tepatnya pada bulan Februari tahun 2023 lalu. “Olimpiade Biologi ini adalah pengalaman yang sangat berharga dan membuat saya bangga. Perjuangan keras dalam belajar selama proses pembinaan akhirnya terbayarkan saat menang dan diumumkan juara kedua”, pungkasnya bersemangat.

Ekstrakurikuler yang Lutfi tekuni saat SMA adalah PMR dan Madrasah Sains Biologi. Kedua ekstrakurikuler ini berhubungan erat dengan dunia perkuliahan yang ia jalani sekarang ini. Kini Lutfi menekuni organisasi yang ada di kampusnya. Ia aktiv di Unit Kegiatan Mahasiswa HERO (organisasi yang berfokus pada kesehatan reproduksi). Selain itu, ia juga aktiv di organisasi HIMAKESMA (Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat). Dari kegiatan tersebut ia belajar bekerja bersama tim, menyelesaikan proyek bersama, belajar administrasi dan proposal, serta menambah pengetahuan tentang dunia kesehatan.

Berbicara tentang kesan saat masih menjadi santri di Pondok Pesantren Nuris, Lutfi mengaku sangat bersyukur karena bisa belajar arti kehidupan. Pelajaran agama dan pelajaran hidup yang ia pelajari semasa tinggal di pesantren secara tidak langsung membuat Lutfi berpikir tentang masa depan. Ia menjadi tahu arah hidup yang akan ia jalani ke depannya. Tentunya arah hidup yang sesuai dengan syariat Islam. “Saat tinggal di pesantren, saya sama sekali tidak bermain hp. Banyak waktu yang bisa saya gunakan untuk merenungkan masa depan. Mungkin kalau saya tidak tinggal di pesantren, sampai lulus pun saya tidak tahu arah masa depan saya”, jelas Lutfi saat wawancara kemarin. Ia juga mengaku bahwa hidup jauh dari orang tua membuatnya menjadi pribadi yang tangguh, mandiri, dan belajar bangkit dari segala keadaan yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Harapan Lutfi ke depannya adalah ia bisa lulus tepat waktu dan bisa bekerja sebagai Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Lutfi memiliki prinsip akan menjadi agent of change di dunia kesehatan dan bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi banyak orang.  [RY.Red]

Nama              : Lutfiatul Habibah

Ttl                   : Jember, 12 Juni 2004

Alamat           : Bangsalsari, Jember

Lembaga        : SMA Nuris lulus tahun 2023

Kuliah            : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember

Related Post