Juara Bahasa Arab dan Inggris di Gresik Tingkat Provinsi, MA Unggulan Nuris Go International Tenan

Tulis Naskah Sendiri, Tembus Babak Final hingga Sukses Bawa Pulang Piala

Pesantren Nuris – Kesuksesan siswa MA Unggulan Nuris pada gelaran ajang Sakha Competition 2024 yang dilaksanakan oleh Universitas KH Abdullah Faqih (UNKAFA) Gresik pada Selasa, 27 Februari 2024 lalu disambut suka cita oleh segenap keluarga besar Pesantren Nuris Jember.

Pasalnya, dua pelajar bertalenta luar biasa MA Unggulan Nuris tersebut yakni, M. Fathur Rohman (kelas X A) sukses meraih Juara 1 Taqdimul Qishoh dan Fauzan Muhtar Fadilah (kelas X E) sukses meraih Juara Harapan 3 Speech pada ajang yang berlangsung dua babak tersebut.

Pada babak pertama, dua siswa berprestasi tersebut harus mengunggah video penampilan melalui media sosial peserta masing-masing. Dari sekian banyak peserta, mereka mampu lolos dari ketatnya babak penyisihan menuju babak final yang akan tampil secara langsung di kampus UNKAFA Gresik tersebut.

“Alhamdulillah senang saat dikabari saya dan teman-teman lainnya lolos ke babak final yang diambil 10 peserta terbaik. Hanya saja persiapannya sangat terbatas antara pengumuman lolos final ini dengan jadwalnya yakni, hanya 3 hari apalagi saya harus tampil dengan teks yang baru.” Tutur Fathur, sapaan akrabnya.

(baca juga: Dapat Tiket ke UGM Yogyakarta, Siswa MA Unggulan Nuris Boyong Piala G-Olympiad Ajang Genza Education )

Ia juga menambahkan, “Ya harus cepat menulis lagi kebetulan saya menulis kisah tentang cerita rakyat Kebo Iwa. Semangat dan harus tampil maksimal semua bisa dilewati dengan baik. Saya memang lebih suka menulis teksnya sendiri kan lebih paham isinya sehingga mudah untuk mengekspresikannya.”

Sejak di bangku MTs Unggulan Nuris, ia memang kerap menjuarai berbagai ajang khitobah Arabiyah (pidato bahasa Arab). Kali ini saat di MA Unggulan Nuris, Fathur tertarik mengeksplorasi potensi diri ke talenta yang lebih menantang yakni, taqdimul qisshoh atau mendongeng dengan berbahasa Arab.

“Saya juga sangat senang teman seangkatan saya juga juara pidato bahasa Inggris. Senangnya lagi saya dapat piagam, piala, dan uang pembinaan sebesar 1,5 juta. Semoga saya semakin percaya diri dalam belajar dan terus semangat berkarya dan berprestasi.” Tuturnya.

Ning Balqis Al Humairo, Kepala MA Unggulan Nuris menyatakan, “Wah, tentu bangga dong anak kami juara bahasa Arab dan Inggris sekaligus. Slogan yang kami gemakan yakni, MA Unggulan Nuris go international semoga perlahan menjadi kenyataan, banyak siswanya yang menguasai bahasa global hingga kuliah ke Eropa selain Timur Tengah sudah ada.”[AF.Red]

Related Post