Sukses Gapai Gelar Sarjana Pendidikan, Nyambi Berbisnis dan Tetap Ingin Abdikan Diri di Pendidikan

Meski Kerap Dianggap Remeh, Ingin Buktikan Jurusan PIAUD Berdampak Pada Kemajuan Karakter Anak

Pesantren Nuris – Tahapan menjadi seorang sarjana yang sujana telah dituntaskan oleh alumni Nuris yang satu ini. Usai diwisuda pada 27 Februari 2024 lalu, ia pun berhak menyematkan titel sarjana pendidikan di belakang nama cantiknya. Berbagai rencana pengabdian dan karier di masa depan telah dipersiapkan.

Shofia Lizamatul Fitriyah, setamat dari MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2019 lalu dengan mantap melanjutkan pendidikan sarjana di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember pada Jurusan PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini). Ia pun lolos masuk kampus negeri tersebut via jalur prestasi atau dikenal dengan SPAN-PTKIN.

Dara cantik kelahiran, Bondowoso, 30 Desember2000 ini mengatakan menyukai dunia anak kecil. Hal ini yang membuatnya tanpa banyak pertimbangan soal prospek dll untuk mengambil pilihan SPAN-PTKIN pada jurusan tersebut.

“Bagi saya kuliah itu yang penting menikmati dan tetap dengan visi yang jelas bukan sekadar tren saja. Alhamdulillah meski terkadang dianggap remeh jurusan saya ini di mata masyarakat, ternyata justru saya banyak mendapatkan pengalaman yang mengesankan belajar hal ini.” tutur Shofia, sapaan akrabnya.

(baca juga: Jawara Debat Bahasa Inggris sejak Nyantri, Kini Sabet Gelar Sarjana Hukum di Yogyakarta)

“Kemajuan karakter terdidik anak bangsa dimulai sejak usia dini penting untuk dibangun. Bagaimana kita bisa membangun bangsa yang hebat jikalau anak karakternya tidak kuat sejak kecil. Saya berkeyakinan, dan berharap dapat melakukan yang terbaik dalam pengabdian di pendidikan ini.” tuturnya optimis.

Perjalanan studi sarjananya nyaris tanpa kendala, santri asal Dadapan, Grujugan, Bondowoso ini dapat menuntaskan skirpsi berjudul “Peran Guru dalam Mendidik Perilaku Ibadah Anak melalui Metode Pembiasaan Sholat Dhuha pada Anak Usia DiniI Kelompok B di RA Ulul Albab Mangli Kaliwates Jember” yang disidangkan padal 27 November 2023 lalu.

Di lain kesempatan, Shofia juga melatih minatnya dalam kreasi aksesoris, membuat sketsa desain baju, hingga menjalankan bisnis daring kue kering. Apalagi kesempatan ini diambilnya bertepatan dengan Ramadan dan Syawal yang erat dengan konsumsi hal tersebut. Meski demikian, ia berusaha tetap istikamah mengabdikan diri untuk berkontribusi di lembaga pendidikan.[AF.Red]

Nama                    : Shofia Lizamatul Fitriyah
Ttl                           : Bondowoso, 30 Desember 2000
Alamat                 : Dadapan Grujugan Bondowoso
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2019
Kuliah                   : UIN KH. Achmad Siddiq Jember, Jurusan PIAUD

 

 

Related Post