Lolos Jalur Prestasi di ITS Surabaya, Santriwati Cerdas ini Kuliah Jurusan Kimia

Sejak di SMA Nuris Jember Pelajari Kimia hingga Pernah Juarai Berbagai Kompetisi Sains

Pesantren Nuris – Punya cita-cita yang tinggi disertai dengan usaha yang keras menjadi sebuah konsepsi kehidupan yang jelas. Seperti yang dijalani oleh alumnus SMA Nuris Jember yang satu ini, berkat kedisiplinannya dalam belajar hingga raih berbagai prestasi, impiannya belajar di kampus negeri favorit pun tercapai.

Nurmala Nadiva, santriwati kelahiran Jember, 19 September 2004 ini dengan mantap menjalani studi sarjana di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pada Jurusan Kimia usai dinyatakan lolos seleksi jalur prestasi atau dikenal dengan SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) tahun 2023 lalu.

Menjalani pendidikan di SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, menjadi cikal bakal impiannya terwujud. Bergelut dengan dunia sains dan beberapa kali mengikuti kompetisi sains baik skala kabupaten hingga nasional membuat rasa penasarannya pada bidang kimia semakin akut.

Basic yang dipunya itu cuma kimia karena dari awal SMA sudah difokuskan ke kimia jadi pandangannya cuma ke jurusan kimia atau farmasi saja. Akan tetapi, karena di ITS tidak ada farmasi adanya kimia jadi memilih kimia.” Ujar Nadiva, sapaan akrabnya.

(baca juga: Lanjut Studi ke Amerika Serikat, Alumni Nuris Lulus Summa Cum Laude di Universitas Indonesia Jakarta)

Gadis berkaca mata ini meski terbilang akademis, tetapi memiliki cita-cita menjadi seorang pengusaha. Di masa depan, ia ingin meracik parfum buatannya sendiri. Tak hanya itu, ia juga berkeinginan mengikuti jejak gurunya di SMA Nuris Jember agar bisa kuliah tingkat pascasarjana hingga ke luar negeri.

Untuk menunjang impiannya tersebut, Nadiva tak hanya sekadar kuliah di kampus bergengsi tersebut. Ia juga aktif di berbagai kegiatan organisasi seperti PMII, JMMI (Jamaah Masjid Manarul Ilmi), dan UKM TDC (Technopreneur Development Center) atau UKM tentang kewirausahaan.

Prinsip yang digenggamnya adalah menjadi mahasiswa tidak hanya aktif di bidang akademis, tetapi juga di kegiatan sosial atau organisasi untuk melatih soft skill. Dengan tetap mantap pada jiwa kesantriannya, Nadiva berkomitmen untuk menjaga kedisiplinan dalam belajar dan kegiatan organisasi yang diikutinya. Ia berharap kelak dapat menjadi orang yang bermanfaat dengan ilmu yang dimilikinya.[AF.Red]

Nama                    : Nurmala Nadiva
Ttl                           : Jember, 19 September 2004
Alamat                  : Jl. A. Yani No. 20 Bringin Lawang, Jenggawah, Jember
Lembaga              : SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2023
Kuliah                   : ITS Surabaya, Jurusan Kimia

Related Post