Buka Usaha Kopi Motor, Alumni Ini Gagas Kopi Racikan Sendiri Bernama Hijrah Kopi

Yuk Mampir, Isi Sela Jam Kuliah Alumni Ini Dirikan Hijrah Kopi

Pesantren Nuris- Di jaman milenial seperti sekarang ini, esensi kopi tak hanya sebagai suguhan kepada tamu, atau minuman bapak-bapak yang wajib ada di meja makan di pagi hari. Namun, bisa sebagai teman bertugas, berdiskusi, bersosial, juga ide usaha yang banyak diminati. Tak hanya di kalangan dewasa, tapi juga pemuda dan remaja.

M.Tibi Azizi, atau yang akrab dipanggil Tibi ini merupakan alumni MTs Unggulan Nuris, 2019 dan MA Unggulan Nuris Jember, 2021. Menggagas ide usaha kopi motor yang ia beri nama Hijrah Kopi. Tak kalah dengan kafe-kafe yang mulai menjamur di kota Jember. Kopi motor milik Tibi ini dikonsep sama dengan kopi-kopi di kafe, atau kopi racikan sendiri, bukan memakai kopi sachet.

Setiap malam, Tibi menjajakan dagangannya dengan berpindah-pindah tempat, kadang di depan UIN Khas, kadang di alun-alun, dan tempat-tempat lainnya. Ketika berhijrah ia tak lupa membawa banyak perlengkapnnya di atas jok motor. Terdapat sebuah kotak berisikan peralatan untuk keperluan berjualan kopi, seperti kompor gas dan ceret ukuran mini, sendok, toples berisi kopi asli dan alat penghancur kopi.

“Fokus pada apa yang ditentukan di awal. Memang kami sebelumnya mengambil keputusan untuk berbisnis Kopi Motoran, hitung hitung sampingan di sela-sela kami menjalani perkuliahan. Untuk bisnis kopi khususnya Kopi Motoran di Jember masih terbilang cukup banyak, dan itupun dalam bentuk “sachet”. Nahh, dari situ kami mulai berpikiran untuk menu yang akan di sajikan “non sachet”,” tuturnya.

(Baca juga: Ikuti Program Asistensi Mengajar Internasional, Alumni Ini di Tempatkan di Thailand)

“Alhamdulillah masih kami jalani sampai saat ini, meskipun cukup berat dan perlu ketelatenan untuk menjalani ini semua.Mulai dari alat-alat dan fasilitas yang terbatas, dikit demi sedikit kami kembangkan tiada lain maksud tujuan kami yaitu agar kita sama sama merasa nyaman dan kami akan terus hijrah yang lebih baik kedepan,”ungkap mahasiswa manajemen pendidikan islam, UIN Khas Jember ini.

Selain kesibukannya membesarkan Hijrah Kopi, ia juga sebagai mahasiswa aktif. Tentunya ia harus pandai-pandai mengatur waktu antara kuliah dan bekerja.

“Sesuai dengan keputusan awal sebelum membuka usaha kopi ini,saya sudah memikirkan dengan matang.Melihat keberadaan saya yang masih duduk di bangku perkuliahan justru menjadi PR tersendiri, bagaimanapun juga harus bisa dan benar-benar mengatur waktu.Karena masih ada kewajiban kuliah, dalam menjalankan usaha kopi ini mau tidak mau harus menyesuaikan jam kuliah artinya jam operasional buka saya kondisional agar tidak menggangu kuliah saya,” ungkapnya.

Semoga lancar-lancar usaha dan kuliahnya ya, ini sangat menginspirasi para pemuda untuk berani mencoba dan berusaha, dan buat para pembaca jangan lupa mampir di Hijah Kopi, dan follow akun IG nya di @hijrahkopi_jbr. [Red.Dev]

Nama: M.Tibi Azizi
Alamat: Jl.Seriti , Banjarsengon, Patrang, Jember
TTL; 09 Maret 2003
Lembaga: MTs Unggulan Nuris, 2019 dan MA Unggulan Nuris, 2021
Kuliah: UIN Khas Jember, Manajemen pendidikan Islam

 Dokumentasi Hijrah Kopi

Related Post