Fenomenal karena Prestasi Internasional, Santri Nuris ini Lanjutkan Studi Sarjana di Surabaya

Bercita-Cita sebagai Engineer Energy dan Kelak Berharap Dapat Melanjutkan Studi Magister ke Jepang

Pesantren Nuris – Dikenal dengan prestasinya yang luar biasa saat nyantri di Pesantren Nuris Jember, lulusan SMA Nuris Jember ini kini melanjutkan petualangan pendidikannya di salah satu kampus negeri bergengsi di kota pahlawan, Surabaya.

Muchammad Nidhor Fairuza, santri berprestasi internasional ini memang getol belajar tentang sumber energi terbarukan. Keaktifannya dalam kegiatan ekstrakurikuler karya ilmiah remaja semasa di SMA Nuris Jember, membuatnya banyak melakukan penelitian dan menuangkan beberapa gagasan tersebut dalam bentuk karya ilmiah hingga meraih banyak prestasi gemilang.

Salah satu prestasi santri asal Beteng Sidomekar Semboro Jember yang paling fenomenal adalah meraih medali perunggu tingkat internasional di ajang ISTEC (International Science Technology and Engineering Competition) pada tahun 2022 lalu.

Ia menggagas “Bianca (Baggase, Nicotiana, Cacao, Musa): Synthesis of Bioethanol from Agro-residues in Jember, Indonesia” bersama sahabatnya Alyaa Nur Karimah hingga mampu mentas dan membanggakan almamater Pesantren Nuris Jember.

(baca juga: Prihatin dengan Mental Health Remaja Milenial, Belajar Psikologi di UNS Surakarta)

Tak heran, setamat dari SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2023 lalu, ia melanjutkan pendidikan sarjana di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Jurusan D4- TEknologi Rekayasa Energi Bekerlanjutan.

“Karena lebih ingin mengembangkan apa yang sudah banyak dipelajari terkait energi sewaktu SMA terutama di Ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja dulu.” Ungkap santri cerdas kelahiran Jember, 22 September 2004 tersebut.

Dikenal sebagai lelaki yang pandai bergaul dan supel, Nidhor, sapaan akrabnya, tak sulit beradaptasi dengan lingkungan kampus. Bahkan, ia saat ini banyak dilibatkan oleh dosen melakukan beberapa project pengabdian masyarakat terkait teknologi mesin dan energy.

“Setelah belajar di sini saya ingin segera bekerja dibidang yang sesuai yaitu engineer energy dan saya usahakan ingin melanjutkan study S-2 di Jepang. Mohon doakan saja semoga dimudahkan urusan hingga benar-benar meraih impian saya.” Tambahnya.[AF.Red]

Nama               : Muchammad Nidhor Fairuza
Ttl                    : Jember, 22 September 2004
Alamat             : Jl. Bendo Gg. 3B Beteng Sidomekar Semboro Jember
Lembaga              : SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2023
Kuliah                   : Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, D4- TEknologi Rekayasa Energi Bekerlanjutan

Related Post