Luar Biasa Keren, Kembangkan Start Up Sendiri, Alumni Ini Jadi Wisudawan Berprestasi Tingkat Universitas

Beri Sambutan di Depan Ribuan Wisudawan Lain, Alumni Ini Membanggakan

Pesantren Nuris- Kabar membanggakan datang dari alumni SMA Nuris Jember  lulusan tahun 2020, yakni Muhammad Syariful Umam. Ia baru saja menyandang gelar S.Kom, dan diwisuda pada 3 Mei 2024 lalu, di Telkom University Convention Hall Bandung.

Tak hanya itu, lelaki yang akrab dipanggil Umam ini berhasil menyelesaikan meraih predikat wisudawan berprestasi tingkat universitas, dengan IPK 3,84 dan diminta untuk berpidato di atas podium. Wah luar biasa sekali ya.

“Rasanya tidak menyangka bisa dipilih menjadi lulusan terbaik tingkat universitas. Padahal awalnya saya cuman diinfokan kalau dapat penghargaan sebagai wisudawan terbaik untuk bidang entrepreneur, hasil dari start up yang saya kembangkan. Tapi ternyata, prestasi saya di kompetisi international dan national di bidang bisnis, product, design dan technology diapresiasi oleh kampus untuk menjadi wisudawan terbaik tingkat fakultas. Karena saya mendapatkan kedua penghargaan tersebut, akhirnya saya terpilih menjadi wisudawan terbaik tingkat universitas,” tuturnya bahagia.

Umam memang dikenal sebagai siswa berprestasi sejak duduk di bangku SMA Nuris Jember, tak jarang namanya terpampang di banner prestasi dan berita-berita prestasi siswa. Ia juga sudah sering mengikuti lomba hingga tingkat Asia.

(Baca juga: Mantul! Tuntaskan Pendidikan Magister, Alumni Ini Raih Beasiswa S1 dan S2 di ITS Surabaya)

Pada sidang skripsinya yang digelar tanggal 29 Januari 2024 lalu, ia mengangkat judul “Analisis dan Perancangan User Experience Website Gamifikasi dari Gundu.id Menggunakan Design

Thinking,” ia mengaku mengambil judul ini karena memang sedang mengembangkan platform ini.

“Gundu.id merupakan platform dari start up yang sedang saya kembangkan sendiri, sehingga saya ingin melakukan riset lebih dalam terkait aspek UX, gamifikasi dan usability dari platform tersebut. Hal ini dapat mengetahui apakah platform tersebut sudah mencapai product market fit atau belum,” tuturnya.

Dan kini ia berhasil menjadi wisudawan terbaik, hal ini tentunya tak luput dari doa-doa dan dukungan dari keluarga, guru dan orang-orang terdekatnya.

“Motivator saya adalah Ibu saya, yang telah mendukung perkuliahan saya dan cita cita saya. Pak Aristiyo sebagai dosen yang telah memberikan saya nasihat di karir dan perkuliahan ketika saya lagi buntu. Serta dosen pembimbing yang selalu memberikan arahan terkait skripsi saya,” ungkapnya.

Ia juga sudah merancang impiannya di masa depan, dan berjuang untuk mewujudkannya dengan kerja keras.

“Harapan saya, 1 tahun kedepan, mendapatkan omset di 3 digit lagi untuk start up yang baru saya bangun. 5 tahun kedepan, berkontribusi untuk membangun jember menjadi lebih maju di bidang digital, berencana masuk ke bidang politik. Dan sebelum umur 30, mendapatkan nominasi forbes 30 under 30 sebagai orang paling berpengaruh di indonesia, asia atau bahkan dunia,” ungkapnya.

Lelaki kelhairan Jember, 4 Juni 2002 ini juga tak lupa memberikan pesan kepada adik-adik santri Pesantren Nuris Jember.

“People who can’t sacrifice anything, can’t change anything” Selalu bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil dan selalu siapkan plan b plan c, agar tidak berlarut dalam kegagalan dan tanpa ada rasa penyesalan,” ujarnya.

Selamat atas wisudanya ya, dan semoga apa yang diimpikan di masa depan bisa terwujud, amin ya rabbal alamin. [Red.Dev]

Nama: Muhammad Syariful Umam
Alamat: Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember
Tempat, tanggal lahir: Jember, 4 Juni 2002
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2020
Kuliah: S1 Teknologi Informasi, Telkom University, 2024

Keren Banget, Ini Dia Dokumentasi Wisuda Umam 

Related Post