Putuskan Kuliah Sembari Mengabdi, Alumni Ini Mahasiswa Jurusan Peradaban Islam

Sempat Merasa Salah Jurusan, Alumni Ini Percaya Rencana Allah Lebih Indah

Pesantren Nuris- Kuliah sembari mengabdi merupakan salah sau keputusan besar seorang santri, setelah lulus dari pendidikan SMA nya. Keputusan inilah yang diambil oleh alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2022 ini, ia adalah Luluk Khoirattul Mas Adeh.

Gadis cantik yang akrab dipanggil Luluk ini, mengaku memilih untuk tetap mengabdi setelah lulus, karena merasa lebih nyaman berada di lingkungan pesantren. Ia juga membantu di Divisi Ta’lim di Pesantren Nuris Jember.

“Mungkin yang pertama karena disuruh orang tua, tapi ada sedikit memang kemauan dari diri sendiri. Alasan ke 2 orang tua saya menyuruh ngabdi mungkin karena dunia luar itu sangat berbahaya, apalagi untuk anak perempuan. Dan di pondok juga mungkin seperti shalatnya terjaga seperti itu. Selain itu juga saya rasa lebih nyaman di pondok karena bukan hanya mengabdi, tapi di sini saya juga ikut serta dalam pengelolaan pondok dan ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa nantinya. Bukan hanya itu mangabdi mengembangkan ilmu serta mencari keberkahan,” ungkapnya.

(Baca juga:Aktif Organisasi, Alumni SMA Nuris Jember Ini Calon Perawat Profesional)

Luluk saat ini merupakan mahasiswa jurusan Sejarah peradaban Islam UIN Khas Jember. Ia juga mengungkapkan alasan ia mengambil jurusan tersebut.

“Sebenarnya ini bukan jurusan yang saya mau, tapi mungkin Allah sudah menyiapkan sesuatu yang baik dibalik jurusan ini, dan saya semaksimal mungkin ingin menyukai jurusan saya sekarang ini. saya percaya sama kalimat ini “Manusia hanya merencanakan ,Allah yang menentukan” seperti itu. Jadi jalani apa yang sudah menjadi takdirNya karena kita tidak tau apa yang terjadi setelahnya, masalah masa depan itu serahkan sama Allah,”ungkapnya.

Kuliah sembari mengabdi tentunya membuat Luluk harus pandai-pandai dalam mengatur waktunya, ia pun membuat jadwal harian agar lebih efektif dalam mengatur waktunya.

Ia juga berharap kedepannya bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. “Harapan saya ssemoga saya bisa menjadi versi diri yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Luluk juga memberikan seidikit pesan untuk adik-adik santri di Pesantren Nuris Jember. “Teruntuk adek-adek santri, terus semangat belajar. Boleh belajar tapi jangan lupa Ibadahnya. Utamakan ibadahnya ya saying,karena dunia yang kamu kejar itu sementara. Percuma pinter kalau jauh dari Allah. Akhlaknya dijaga karena kalian mempunyai gelar Santri,” ungkapnya. [Red.Dev]

Nama: Luluk Khoirattul Mas Adeh.
Alamat: Desa Kalibaru, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2022
Kuliah: Sejarah peradaban Islam, UIN Khas Jember

 

 

Related Post