Selamat dan Sukses, Ketua IMAN Tuntaskan Pascasarjana di UIN Khas Jember

Tesis Dijadikan Buku, Alumni Ini Siapkan Diri Lanjut S3

Pesantren Nuris- Kabar membanggakan datang dari ketua ikatan mahasiswa alumni nuris (IMAN) masa bakti 2023-2025, yang baru saja menuntaskan tugas akhir S2 nya, siapa lagi ia adalah M. Ilmil Zawawi.

Lelaki yang akrab dipanggil Zawa ini marupakan alumni MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2018. Saat ini ia merupakan mahasiswa jurusan menajemen pendidikan UIN Khas Jember. Dan pada Selasa, 14 Mei 2024 lalu ia baru saja mempertanggung jawabkan tesisnya dalam sidang.

Tesis yang ia beri judul “Manajemen Pemasaran Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Islam 1 Jember,” itu berhasil menghantarkannya kepada kelulusan, dengan IPK 3,90.

“Alhamdulillah Bersyukur banget, bisa menyelesaikan S2 1 tahun 9 bulan dan tesis saya terpilih dari prodi untuk dijadikan buku. Saya berharap kedepannya bisa mewujudkan doa kedua orangtua saya yang selanjutnya. Saya juga berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S3) di UIN Suka Yogyakarta,” ungkapnya bahagia.

Tak hanya itu, tesisnya juga berhasil dijadikan buku karena dinilai menarik dan sangat menginspirasi.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dan tentu senang sekali. Tesis saya terpilih untuk dijadikan buku. Tentunya hal ini tak luput dari bimbingan dosen saya, Dr. H. Zainuddin Al Haj Zaini, Lc.,M.Pd.I sebagai pembimbing 1 dan Dr. Imron Fauzi, M.Pd.I sebagai pembimbing 2. Saya ucapkan terimakasih atas bimbingannya selama ini,” tuturnya.

Setelah lulus sarjana, Ilmil memutuskan untuk melanjutkan pascasarjana sembari mengabdikan dirinya, membantu menjadi driver di Nuris Store. Selain itu ia juga masih menjabat sebagai ketua IMAN, salah satu organisasi alumni terbesar di Pesantren Nuris Jember. Tentunya hal tersebut cukup menyita waktu kuliahnya, iapun bercerita  tentang bagaimana cara ia mengatur waktunya, supaya tetap bisa jalan bersamaan.

(Baca juga: Suka Dunia Anak-anak, Alumni Ini Putuskan Ambil Jurusan PG PAUD)

“Untuk perkuliahan karena dulu masuk Nuris saya semester 1 kuliahnya kamis-jumat, jadi kamis izin ke pengasuh dan kebetulan jumat di Nuris Store libur pengiriman. Dan mulai masuk semester 3 jadwal agak longgar kelas sering online jadi kadang kuliah sambil kirim barang. Untuk iman saya dibantu oleh pengurus pusat Ikatan Mahasiswa Alumni Nuris jadi tidak sendirian alhamdulillah semua program berjalan lancar Untuk Nuris Store, setelah masuk semester 3 alhamdulillah diberi izin lagi untuk menyelesaikan kuliahnya. Alhamdulillah dalam waktu 3 bulan 14 hari dari semhas sampai sidang kemarin selesai. Kegiatan di luar cukup banyak sebenarnya, mungkin itu aja cukup mewakili,” ungkapnya.

“Intinya saya bersyukur dan bangga, tapi saya selalu ingat Ning Dian selalu bilang, nak semua urusan di niati ibadah ya, kalian mengabdi di Nuris Store itu membantu pesantren. Dan dulu banyak yang meragukan sudah S2 kok nyupir, saya tidak peduli dengan omongan itu. Saya yakin siapapun bisa menjadi apapun, orang lain boleh meragukan kita, tapi kita sendiri jangan. Dan saya yakin keberkahan pesantren itu nyata, karena Mengabdi sepenuh hati, disiplin tanpa diawasi. Salam satu atap,” ungkapnya.

Selamat atas sidang tesisnya ya, semoga ilmunya berkah, dan sukses selalu kedepannya, amin. [Red.Dev]

Nama: M. Ilmil Zawawi
Alamat: Jl. Diponegoro Balung kulon Jember
TTL: Jember, 04 April 2000
Lembaga: MA Unggulan Nuris, 2018
Kuliah: S1 Manajemen Pendidikan, 2022
S2 Manajemen Pendidikan, 2024
Karier: ketua IMAN masa bakti 2023-2025

Ilmil Berfoto Bersama Dosen Penguji dan Pembimbing Usai Sidang Tesis S2 nya

 

Related Post