Maksimalkan Beasiswa Pemkab Jember, Alumni Nuris Sukses Raih Gelar Sarjana Hukum

Sempat Merasa Minder karena Kondisi Ekonomi, Buktikan dengan Tuntaskan Kuliah dengan Membanggakan

Pesantren Nuris – Tekad yang kuat untuk meningkatkan kualitas diri dengan jalur pendidikan tinggi membuat alumni Nuris ini harus berjuang untuk survive. Jalan terang itu pun datang, usai ia dinyatakan sebagai salah satu mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa pendidikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember.

Muhammad Affan, lulusan MTs Unggulan Nuris tahun 2017; dan MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2020 memantapkan cita-citanya untuk menjadi seorang konsultan hukum profesional. Tak ayal, ia memilih jurusan Hukum Ekonomi Syariah di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember saat studi sarjana.

“Segala sesuatu tidak luput dari hukum, dengan keluasan ilmu tentang hukum, semakin memotivasi saya untuk mendalaminya, hukum dalam agama, hukum dalam negara, hukum adat, dan hukum alam. Ini yang memotivasi kuliah jurusan tersebut.” tutur Affan, sapaan akrabnya.

Sempat merasa minder bisa menuntaskan perkuliahan dikarenakan latar ekonomi keluarga yang tergolong sederhana. Akan tetapi, kesempatan beasiswa pendidikan Pemkab Jember menjadi penyemangatnya untuk menggapai impian menjadi seorang sarjana.

(baca juga: Santri Nuris Berprestasi dan Seorang Hafiz, Kini Studi Sarjana dengan Beasiswa di Kota Malang)

“Saya yakin dengan niat bersungguh-sungguh menuntut ilmu sejak saya di pesantren selama 6 tahun. Belajar kitab Ta’limul Muta’aalim dan fiqh muamalah menjadi bekal saya agar lebih yakin insyaallah dicukupkan rezeki oleh untuk menuntaskan perkuliahan dengan lancar.” Ungkap lelaki kelahiran Jember, 22 Desember 2001 tersebut.

Tepat pada Senin, 10 Juni 2024, Affan mempertanggungjawabkan hasil skripsi berjudul “Bentuk Badan Usaha dalam Kegiatan Penanaman Modal Asing di Indonesia” di hadapan para dosen penguji. Ia pun sukses meraih gelar sarjana dengan membanggakan melalu skor IPK 3.67.

“Harapan saya kedepannya adalah bisa lebih berguna lagi bagi agama, nusa, dan bangsa terlebih bagi keluarga. Rencana ke depan lebih mendalami di bidang profesi dengan memiliki pekerjaan sampingan untuk kecukupan biaya profesi atau S2 insyaallah. Mohon doanya saja.” Tutupnya.[AF.Red]

Nama                    : Muhammad Affan
Ttl                           : Jember 22 Desember 2001
Alamat                 : Jalan Srikoyo Patrang Jember
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris tahun 2017; MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2020
Kuliah                   : UIN Khas Jember, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah

 

Related Post