Super Sekali! Alumni Ini Mahasiswa S2, Hafidzah, dan Aktif Mengajar di Ma’had

Kuliah S2 Sekaligus Mengajar dan Jadi Pengurus Ma’had, Alumni Ini Berbagi Tips Atur Waktu Berkegiatan

Pesantren Nuris- Nur Azny Agustina Putri merupakan alumni MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2017. Setelah lulus dari MA Unggulan Nuris, gadis manis ini memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yakni di UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember, Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Dan pada tahun 2021 lalu ia berhasil menyelesaikan program S1 nya dengan baik, kini ia tengah menjadi salah satu mahasiswa program magister di UIN Sunan Ampel Surabaya, Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Semester 4.

“Alhamdulillah, setelah selesai kuliah S1 saya langsung mendaftarkan diri saya untuk melanjutkan pendidikan di program magister/S2 di jurusan yang sama. Saya memilih UIN Sunan Ampel Surabaya, dan saat ini saya tinggal di Ma’had Al Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya, untuk belajar dan juga menjadi pengurus di sana,” tuturnya.

Gadis asal Jl. Bungur IX/1 Lingkungan Gebang Darwo Timur. Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember ini mengaku sangat senang menjalani hari-harinya sebagai pengurus ma’had.

“Kalau di Ma’had saya jadi pengurus Ma’had. Kalau di sini bahasanya muwajjihah li Al tholabah. Senin ba’da subuh, saya ngajar tahsin Al Qur’an. Selasa subuh ngajar bahasa arab/inggris. Rabu Tahfid. Kalau malam harinya itu kajian kitab. Untuk pengurus sendiri jadwalnya setiap malam Selasa ngajar kitab Fathul qarib. Tapi itu ngajarnya secara bergantian tiap pengurus. Kalau malam Rabu dan Kamis itu dari jajaran pengasuh Ma’had yang mengisi, selebihnya nggih mendampingi mahasantri,” tuturnya.

(Baca juga: Kembali untuk Mengabdi, Alumni Ini Jadi Tenaga Pendidik di Lembaga Formal Yayasan Nuris Jember)

Ia juga bercerita tentang kegiatannya, dan bagaimana cara ia mengatur waktu antara kuiah, mengajar juga menjadi pengurus di Ma’had.

“Kalau saya sendiri kebetulan kosong dari ba’da subuh setelah ngajar di Ma’had sampai ashar. Kecuali jika ada jadwal kuliah. Ba’da ashar sampai sebelum Maghrib, saya ngajar BTQ dan kitab adab Al Thalibin. Kalau BTQ itu setiap Senin, Rabu, Jumat, adab Al Thalibin itu Selasa & dan kamis. Tapi kitab adab Al Thalibin ini ada 2 tema besar yang di bagi per semester, semester pertama materinya fokus ke hadis akhlak. Semester 2 fokus ke fikih ibadah. Sejauh ini Alhamdulillah masih bisa membagi waktu, karena ada waktu kosong itu,” ungkapnya.

Ia berharap nantinya bisa menyelesaikan hafalan Al Qurannya dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Harapan saya ke depannya ingin terus belajar. Saya juga pingin menyelesaikan hafalan Qur’an saya. Ada keinginan lanjut S3 jalur beasiswa, doakan nggeh semoga harapan saya terwujud amin,” ungkapnya. [Red.Dev]

Nama: Nur Azny Agustina Putri
Alamat: Jl. Bungur IX/1 Lingkungan Gebang Darwo Timur. Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember
TTL: Jember, 23 Agustus 1999
Lembaga: MA Unggulan Nuris Jember, 2017
Kuliah: S1 UIN Khas Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. 2021
S2 UIN Sunan Ampel Surabaya, Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
Karier: 1. Pengurus Ma’had UIN Sunan Ampel Surabaya
2. Tutor BTQ UIN Sunan Ampel Surabaya
3. Tutor Mata Kuliah Hadis Akhlak UIN Sunan Ampel Surabaya

 

Related Post