Raih Gelar Sarjana Ekonomi Berpredikat Cum Laude, Upgrade Ilmu dari Seminar, Latih Leadership dari Organisasi

Bersyukur dapat Bekal Wawasan Menulis dari Nuris, hingga Tingkatkan Bakat saat Jalani Kuliah

Pesantren Nuris – Kesuksesan alumni Nuris meraih gelar sarjana dengan predikat cum laude atau dengan pujian patut diapresiasi. Hal ini bukan sekadar kebanggaan alumni yang bersangkutan, melainkan juga kebanggaan bagi keluarga besar Pesantren Nuris Jember, khususnya almamater SMA Nuris Jember, tempatnya menempu ilmu sebelumnya.

Sofiatul Munawwaroh dapat dianggap sebagai santri tulen pasalnya 6 tahun dihabiskan di Pesantren Nuris Jember. Sejak di bangku MTs Unggulan Nuris tamat tahun 2017, lalu ia menuntaskan pendidikan lanjutan di SMA Nuris Jember, jurusan IPA, tahun 2020 lalu. Bahkan kuliah pun Sofi, sapaan akrabnya, dituntaskan di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember, Jurusan Manajemen Zakar dan Wakaf.

“Memilih kampus UIN Khas Jember yakni dengan melihat latar belakang saya yang sudah mendalami ilmu agama dan mengkaji ilmu agama dari saya sekolah MTs hingga SMA di Nuris Jember, tidak hanya berhenti di situ saya mencoba pengalaman baru dengan berusaha dengan kemampuan saya selama belajar di NURIS dengan mengikuti Span-ptkin.” Tukas santriwati asal Sukowono Jember tersebut.

Pucuk dicita ulam pun tiba, ia lolos masuk kampus impiannya jalur prestasi tanpa tes. Ia merasa bersyukur dapat berproses di kampus yang sejalur dengan apa telah dipelajari sebelumnya. Pemilihan jurusan yang dipilih juga sesuai impiannya dan berharap kelak dapat mengoptimalkan potensi zakat dan wakaf dalam memberdayakan masyarakat dan mengurangi kesenjangan sosial.

(baca juga: Hafizah 30 Juz Bertalenta dan Berprestasi, Kini Jalani Studi Sarjana di UINSA Surabaya)

Tak cukup di situ, selain keaktifan kuliah, Sofi juga dikenal aktif dalam organisasi internal kampus seperti Himaprodi Mazawa sebagai Sekretaris Kominfo. Di sana ia banyak belajar manajemen organisasi hingga kemampuan desain grafis yang cukup memadai dalam menunjang kebutuhan era digital. Selain itu, ia juga dapat mengembangkan hobi dan kompetensinya dalam dunia menulis yang sejak di Nuris telah ditempa.

“Selain berhubungan dengan penulisan saya juga pernah menjadi relawan zakat di bawah BAZNAS Jember tidak hanya menjadi relawan saya juga melakukan PPL atau magang di BAZNAS Jember bersama dengan teman-teman saya. Di sana saya dapat menerapkan semua ilmu tentang zakat yang dipelajari dalam perkuliahan. Saya juga aktif mengikuti seminar nasional maupun internasional yang diadakan kampus maupun luar kampus.” Tambahnya.

Akhirnya ia juga sukses menuntaskan skripsi berjudul “Analisis Manajemen Risiko dalam Pengelolaan Dana Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember” dan disidangkan pada 13 Juni 2024 lalu. Gelar sarjana ekonomi berpredikat cum laude dengan skor IPK 3.75 pun ia dapatkan. Seraya menunggu jadwal wisuda, ia kini berencana langsung terjun mengelola bisnis jahit yang dirintis orang tuanya. Untuk meningkatkan ilmu, Sofi juga berharap dapat melanjutkan pendidikan magister. Semoga tercapai.[AF.Red]

Nama                    : Sofiatul Munawwaroh
Ttl                           : Jember, 24 Juli 2002
Alamat                 : Dusun Krajan RT 002 RW 006, Sumberdanti, Sukowono, Jember
Hobi                      : Menulis dan Menjahit
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris, tahun 2017; SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2020
Kuliah                   : UIN Khas Jember, Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf

Related Post