Santri Multitalenta dan Berprestasi, Kini Berkarier sebagai Jurnalis dan Presenter TV

Harus Mendobrak dari Zona Nyaman, Terus Tingkatkan Pengalaman, Ingin seperti Najwa Shihab

Pesantren Nuris – Sebagai santri milenial dengan segudang prestasi dan talenta, mengapa tidak? Alumni Nuris yang satu ini patut diapresiasi dan layak dibanggakan. Pasalnya, berkat semangat dan upaya pantang menyerahnya dalam belajar dan mengasah bakat dengan disiplin hingga akhirnya ia sukses meraih sarjana, menggapai puluhan prestasi nasional, hingga berkarier sesuai impian.

Achi Wilfa Inayah, nama lengkap santriwati multitalenta lulusan SMA Nuris Jember, Jurusan IPS, tahun 2019 ini. Sedari nyantri di Pesantren Nuris Jember, ia dikenal sebagai pelajar yang aktif di berbagai kegiatan sekolah dan pesantren, khususnya Graparis (Gerakan Paskibra Nuris) dan pengurus OSIS.

Sempat bercita-cita menjadi seorang Polwan (Polisi Wanita) sekaligus reporter, ia pun memilih mengasah bakat dan minatnya sebagai anggota aktif Graparis dan keorganisasian OSIS tersebut. Bahkan, ia pernah membuktikan talentanya dengan memenangi lomba presenter yang diselenggarakan secara internal di SMA Nuris Jember.

(tautan presenting Achi: https://youtube.com/@kjtvjemberofficial?si=5YxYKsLe-FRHzwRk)

Dengan pertimbangan visi meraih impiannya, setamat dari SMA Nuris Jember, ia pun semakin mantap memilih jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember meski tak lagi berharap menjadi seorang Polwan.

“Sebenarnya ingin sekali menjadi Polwan dan bisa reportase seperti yang pernah saya tonton di TV bersama ayah. Saya kan memang suka ngomong, jadi bagaimana caranya bakat saya ini menjadi hal yang positif dengan menjadi presenter atau mungkin jurnalis.” Tutur Achi, sapaan akrabnya.

Tak dinyana, tekad dan semangat belajar yang tinggi dalam mengasah kompetensi public speaking tersebut, gadis cantik asal Kebonsari, Sumbersari, Jember mulai berpikir untuk mengikuti berbagai kompetisi. Baginya, untuk mengukur sejauh mana talenta itu berkembang harus dibuktikan dengan prestasi.

“Sebelumnya agak gimana ya, ingin kuliah ke luar kota di kampus yang bergengsi. Bagi saya punya nilai plus dan peluang yang besar untuk sukses. Akan tetapi, restu orang tua dan takdir menempatkan saya kuliah di sini. Justru malah sekarang bersyukur, saat saya memenangi lomba presenter akhirnya banyak yang mengenal kalau UIN Khas itu di Jember.” tukasnya.

(baca juga: Prestasi Alumni Nuris ini Diliput Website Kemenag Pusat, Banggakan Almamater Nuris dan UIN Khas Jember)

Bukan Achi namanya jika hanya sekadar berkutat di bangku kuliah tanpa berprestasi. Tekadnya mengejar pengalaman dan jam terbang dalam dunia presenting, benar-benar ia upayakan dengan gigih. Ia pun harus mengatur waktu kesibukan kuliah dengan cekatan dan terus melakukan gebrakan pengembangan diri.

Lebih dari 10 piala bidang presenting dan jurnalistik ia persembahkan selama kuliah. Tak kaleng-kaleng, dari semua prestasi itu semua tingkat nasional di antaranya, juara 3 di Kece TV Surabaya, Juara 2 News Reporter Nuskara EO Yogyakarta, hingga juara 1 presenter Times News di Malang. Menurut gadis kelahiran Jember, 29 September 2001 ini, mengikuti lomba bukan sekadar mencari piala, melainkan ingin men-challenge diri, menambah relasi, dan menemukan role model sebagai broadcaster sejati.

Tak hanya mendalami dunia broadcasting (presenter dan jurnalis) dan aktif sebagai kreator konten di media sosial Instagram, Achi juga memulai tantangan lain sebagai penata rias atau istilah kekinian yakni, Make up Artist (MUA). Ia pun melebarkan sayap impiannya tak hanya sebagai presenter nasional, tetapi juga membuka bisnis MUA di masa depan.

(simak juga presenter Achi: https://youtu.be/YyU45NabQ2E?si=XDQtBg8bUghArmOk )

Perjalanan studi sarjana layaknya roller coaster, akhirnya skripsi berjudul “Konstruksi Sosial Gaul pada Budaya Nongkrong Mahasiswa Perantau KPI Fakultas Dakwah UIN Khas Jember” ia tuntaskan dan disidangkan pada  13 Desember 2023 lalu. Ia pun resmi menyandang gelar sarjana usai diwisuda pada 20 Juni 2024 kemarin.

Hebatnya lagi, melalui berbagai proses seleksi yang tak mudah bahkan sempat mengalami kegagalan dalam casting presenter, akhirnya kini Achi sukses menyambut karier sebagai presenter di KJ TV Jember sebelum wisuda atau sejak tahun 2021 lalu. Tak hanya cukup di situ, ia juga sukses melewati uji kompetensi jurnalis muda sebagai syarat lisensi keanggotaannya dalam Ikatan Jurnalis Televisi Nasional dari Dewan Press Nasional.[AF.Red]

Nama                    : Achi Wilfa Inayah
Ttl                           : Jember, 29 September 2001
Alamat                 : Jl. Letjen Suprapto XIV/7, Kebonsari, Sumbersari, Jember
Lembaga              : SMA Nuris Jember, Jurusan IPS, tahun 2019
Kuliah                   : UIN Khas Jember, Jurusan KPI
Karier                    : Presenter KJ TV Jember

Related Post