Maksimalkan Beasiswa Kuliah, Alumnus SMK Nuris Jember Sabet Gelar Sarjana Hukum Membanggakan

Sempat Merasa Salah Jurusan, Akhirnya Menikmati hingga Lulus Berpredikat Cum Laude

Pesantren Nuris – Meski mendalami dunia teknik komputer dan jaringan semasa di SMK Nuris Jember, siapa bilang tak nyambung dan sulit menuntaskan kuliah di jurusan hukum? Alumni Nuris ini buktinya, ia bahkan mampu menuntaskan pendidikan tinggi untuk gelar sarjana hukum dengan predikat cum laude. Keren banget bukan?

Ilyatul Hasanah, santri lulusan SMP Nuris Jember, tahun 2017; dan SMK Nuris Jember, Prodi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), tahun 2020 sempat merasakan keraguannya untuk menjalani studi sarjana di Universitas Islam Jember (UIJ) pada Jurusan Ilmu Hukum. Pasalnya, minat awalnya ingin mendalami ekonomi dan bisnis.

Atas berbagai pertimbangan, saran dari kakaknya juga akhirnya ia memantapkan pilihan kuliah pada jurusan ilmu hukum. “Niat awal saya saya mau ambil jurusan ekonomi bisnis karena memang tertarik nya ke sana, tetapi setelah saya masuk jurusan hukum sampai lulus tidak begitu mengecewakan karena hukum tidak semengerikan kata orang, yang katanya hukum itu nantinya menghafalkan semua pasal. Yang ada, hukum seru dan menantang.” Tuturnya

(baca juga: Setamat SMK Nuris Jember, Gapai Impian Kuliah Pendidikan Matematika di Yogyakarta)

Dengan semangat juang yang pantang menyerah, gadis kelahiran Jember, 26 November 2000 ini menjalani kuliah dengan suka cita. Tak hanya itu, kesempatan beasiswa kuliah melalui program pemerintah KIP-K, sukses ia maksimalkan hingga titel sarjana hukum benar-benar disandangnya. Ilya, sapaan akrabnya, kuliah tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Akhirnya, skripsi berjudul “Tinjauan Hak atas Kesejahteraan Sosial terhadap Fakir Miskin berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Ssosial di Kabupaten Jember” sukses ia sidangkan pada Rabu, 31 Juli 2024 kemarin di ruang sidang kampus 2 UIJ. Ilya pun diganjar dengan skor IPK terakhir 3.78. fantastis bukan?

Seraya menuntaskan beberapa catatan revisi dari dosen dan menunggu jadwal seremonial wisuda, ia tetap berharap dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang magister. Selain itu, ia juga tak menutup kemungkinan berkarier sesuai ilmu dan pengalaman yang dimilikinya.[AF.Red]

Nama                    : Ilyatul Hasanah
Ttl                           : Jember, 26 November 2000
Alamat                 :Jln. Jawa 7/Sumbersari Jember
Alumni                                 : SMP Nuris Jember, tahun 2017;  SMK Nuris Jmeber, Prodi TKJ, tahun 2020
Kuliah                   : UIJ, Jurusan Ilmu Hukum

Related Post