Sabar dan Ikhlas Kunci Sukses Berkhidmah, Alumni SMA Nuris Jember juga Sukses Sabet Sarjana

Aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa meski dengan Seabrek Kesibukan Kuliah dan Amanah Pesantren

Pesantren Nuris – Komitmen berkhidmah di pesantren seraya menjalani kuliah adalah harga mahal yang tak terhingga. Tugas mulia dalam mengemban amanah dari pengasuh dan tetap menjalani studi sarjana dengan penuh semangat menjadi jalan sukses alumni Nuris hingga menggapai gelar sarjana.

Zitni Husen, lulusan SMA Nuris Jember, Jurusan IPS, tahun 2020 merasa bersyukur bisa menembus ketatnya seleksi nasional jalur prestasi atau dahulu dikenal dengan SNMPTN. Ia pun tercatat sebagai mahasiswa Universitas Jember (UNEJ) pada jurusan Akuntansi.

“Mungkin ini namanya berkah pesantren apalagi saya pribadi memilih jurusan tersebut merupakan sebuah keinginan sendiri tanpa paksaan orang tua atau siapa pun karena suka dengan materi tersebut dari SMA serta ingin mempelajari ilmu akuntansi yang lebih dalam di bangku kuliah.” Ungkap Zitni, sapaan akrabnya.

Santri kelahiran Jember, 06 Desember 2001 ini tak lantas beranjak setamat dari lembaga yang dipimpin oleh Gus Robith Qoshidi tersebut. Justru, dengan suka cita ia mengabdi di Pesantren Nuris Jember dan diamanahi sebagai Waka Kurikulum Pendidikan Diniyah.

Meski dengan tugas yang cukup padat, Zitni juga tetap berusaha menimba pengalaman lebih jauh dengan keaktifannya dalam BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) di kampusnya. Petualangan dalam belajar justru semakin luas dan semakin memahami bagaimana menjalankan roda organisasi, membuat rencana kerja hingga mengeksekusi program dengan akurat.

(baca juga: Pengalaman Jadi Pembicara Seminar Tahsin Nasional, Kini Sukses Raih Sarjana dengan Membanggakan)

“Mengikuti BEM menjadi awal pengalaman yang menarik bagi saya. Belajar bagaimana membuat sebuah program kerja, belajar tentang kepemimpinan, kepanitiaan yang baik, cara berbaur dengan masyarakat, serta menyelesaikan permainan yang ada di internal organisasi maupun di luar organisasi sehingga membuat saya lebih hati-hati dalam mengambil keputusan dan memahami keadaan yang terjadi agar tidak salah langkah dalam mengambil sebuah keputusan.” Tuturnya.

Tepat pada akhir Agustus 2024 kemarin ia sukses merampungkan skripsi berjudul “Kontruksi Laporan Keuangan Unit Usaha Pondok Pesantren Nurul Islam Jember Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Entitas Mikro Kecil dan Menengah (EMKM)”. Dengan percaya diri ia juga mempresentasikannya di hadapan dosen penguji.

Sarjana Akuntansi pun berhak ia sematkan di belakang namanya dengan capaian skor IPK yang sangat memuaskan 3,3. Bagi Zitni, sabar dan ikhlas adalah kuncinya sukses menjalani khidmah. Semangat belajar baik akademik maupun organisasi menjadi prinsipnya agar kelak menjadi insan yang bermanfaar dan siap terjun di tengah masyarakat.[AF.Red]

Nama                    : Zitni Husen
Ttl                           : Jember, 6 Desember 2001
Alamat                 : Jl. Slamet Riyadi, Gg. Damai, Baratan, Patrang
Lembaga              : SMA Nuris Jember, tahun 2020, Jurusan IPS
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan S1 Akuntansi

 

Related Post