Langganan Juara, Tim SMA Nuris Jember Kembali Raih Juara LKTI Tingkat Provinsi

Tak Hanya Di bidang Sains, Siswa SMA Nuris Jember Juarai LKTI Bidang Sosial Budaya

Pesantren Nuris– SMA Nuris Jember tak pernah lelah mengukir prestasi di berbagai bidang keilmuan, mulai dari ajang olimpiade, karya tulis ilmiah, keagamaan, seni  hingga  bahasa. Pada  Kamis (28/11/19) lalu tim karya tulis ilmiah SMA Nuris Jember kembali mendapatkan juara 2 lomba karya tulis ilmiah tingkat Jawa Timur di IAI Syarifuddin Lumajang.

(Baca juga: Keren dua siswa SMA Nuris Jember juara 2 olimpiade akuntansi tingkat Jawa Timur)

Tim SMA Nuris terdiri dari Tegar Ramadani, kelas XI IPA 1, Naufal Khannur T. kelas X IPS 1, dan Ibra Fajri Mulky X IPA 1. Mereka mengangkat judul “Jember Reschoolgram” (Jember Religious Education School Program) Program Edukasi 6 Agama Bagi Pelajar Guna Meningkatkan Toleransi Agama Jember Berdasarkan Al Quran.”

Lomba ini terdiri dari dua babak yakni babak penyishan dan final. Pada babak penyisihan peserta mengirimkan fullpaper online pada tanggal 23 November 2019. Dan pengumuman lolos final pada  tanggal 25 November 2019 diambil 8 besar seluruh Jawa Timur.

Babak final dilaksanakan pada 28 November 2019 di salah satu ruang kelas IAI Syarifuddin Lumajang. Penilaian dri babak final meliputi 40% penyampaian, 30% inovasinya, 10% kesesuaian tema, dan 20% implementasi.

Menurut Tegar Ramadani selaku ketua tim SMA Nuris Jember, karya tulis yang mereka buat ini membahas tentang sosial budaya. Di dalamnya berisi tentang program “Jember Reschoolgram” (Jember Religious Education School Program), yang memiliki fungsi antara lain untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Jember. Karena di Jember masih banyak tindakan radikalisme dan intoleransi yang terjadi.

Dari ide dan program yang mereka buat, tim SMA Nuris Jember berhasil membawa pulang piala juara 2 karya tulis ilmiah tingkat Jawa Timur.

“Saya tidak menyangka bisa mendapat juara, karena masih banyak kekurangan pada paper yang kami buat, tapi kami yakin karena kami menyampaikan fullpaper kami dengan maksimal, semangat dan kompak. Kami juga bisa menjawab pertanyaan juri dengan baik, seluruh pertanyaan kami jawab,” ujar Naufal Khannur, anggota tim SMA Nuris Jember.

(Baca juga: Dua Siswa SMA Nuris Jember raih juara 3 lomba olimpiade kimia tingkat kabupaten Jember)

Naufal juga menambahkan dia berharap bisa mengikuti lomba lagi LKTI di tingkat nasional, di bidang sosial budaya, dan dapat mendapat juara lagi nantinya.

“Dalam meraih suatu prestasi tentunya butuh usaha yang keras, mengurangi waktu istirahat, belajar lebih rajin, berdoa, belajar public speaking yang baik dan benar,” tambahnya.

Berikut rekapitulasi juara dalam ajang lomba karya tulis ilmiah tingkat Jawa Timur di IAI Syarifuddin Lumajang beserta nilainya.

Juara 1 SMAN 1 Giri Banyuwangi Blaster: Realisasi Surah Ar-Rum Ayat 41 Pada Penerapan Batik Zerowaste Water Technology 3 In 1 Berbasis Integrasi Fitoteknologi-Biogas sebagai Solusi Inovatif Penanganan Dampak Pencemaran Limbah Cair Batik Industri Kecil Menengah Sekar Bakung Kabupaten Banyuwangi. 337 point.

Juara 2 SMA Nuris Jember “Jember Reschoolgram” (Jember Religious Education School Program) Program Edukasi 6 Agama Bagi Pelajar Guna Meningkatkan Toleransi Agama Jember Berdasarkan Al Quran, 336 point.

Juara 3 SMK Al Munawwariyah Malang Ro’an Power Plant: Integrasi Pendidikan, Olahraga, dan Gotong Royong dalam Menciptakan Energi Ramah Lingkungan di Dalam Pondok, 325 point.

“Saya tidak menyangka bisa menjadi juara LKTI di bidang sosial budaya, dan memang ini merupakan salah satu impian saya dari dulu, dan harapan saya bisa mengikuti KTI lagi di lembaga pemerintahan, baik di bidang sains, kesehatan, teknologi inovasi maupun sosial budaya,” ujar Tegar Ramadani. [Red.Dev]

Related Post