Keren! Alumni Nuris Ini, Alumni Universitas Gadjah Mada Lho!

Punya Seabrek Kegiatan, Alumni Ini Aktif di Komunitas Ibu Profesional, Rumah Belajar Literasi Karawang, Hingga Jadi Penulis Blog

Pesantren Nuris- Menjadi mahasiswa di sebuah Universitas bergengsi di Indonesia, merupakan impian hampir seluruh siswa SMA sederajat di Indonesia. Apalagi jika ditambah dengan bonus beasiswa penuh. Alumni Nuris ini merupakan salah satu santri yang beruntung itu, yuk kepoin profil lengkapnya!

Deta Rofiatul Badriyah, perempuan kelahiran Jember, 23 Desember 1991 ini merupakan alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2010. Semasa menjadi siswa di SMA Nuris Jember ia dikenal dengan gadis yang supel, kalem, serta ngayomi kepada adik-adik kelasnya. Setelah lulus dari SMA Nuris Jember, ia mengikuti program beasiswa PBSB (Pemberian Beasiswa Santri Berprestasi) dari Kementrian Agama Republik Indonesia.

(Baca juga: Ambil jurusan teknik mesin kini alumni nuris bekerja jadi chief engineering)

Berkat kerja keras, doa restu kedua orang tua, pengasuh serta dewan guru ia berhasil diterima di Unversitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) di jurusan Teknologi Pertanian, dengan beasiswa penuh.

“Alhamdulillah senang sekali, dengan beasiswa ini dapat membantu meringankan beban orangtua. Selain itu banyak juga tantangan yang saya dapat sepert harus belajar mandiri. Hidup sendiri di perantauan, cari makan sendiri, tinggal dikost, bebersih sendiri, mengatur keuangan sendiri, beradaptasi dengan lingkungan baru yang jauh beda dengan lingkungan tempat kelahiran. Membuat saya pribadi menjadi lebih kuat. Tinggal di Jogja pengalaman yang unik. Sedikit belajar kesenian dan mengembangkan hobi seperti fotografi dan literasi,” ujarnya.  

Namun, hal tersebut mejadi pengalaman yang berharga baginya. Deta (panggilan akrab Deta Rofiatul Badriyah) lulus dari UGM pada 14 September 2014. Setelah lulus ia memutuskan untuk mengabdi selama kurang lebih satu tahun di almamater tercinta Pesantren Nuris Jember.

Ia tinggal di pesantren dan menjadi pengurus dalem barat putri, juga membantu mengajar mata pelajaran biologi di MTs Unggulan Nuris.

(Baca juga: Selamat berbahagia dua alumni nuris resmi akhiri masa lajang)

Pada tahun 2016 hingga 2017 ia pernah aktif di komunitas fotografi handphone di Yogyakarta.

Dan pada 30 April 2017, ia kemudian dipinang oleh lelaki sholeh bernama Sutrisno, setelah menikah ia kemudian ikut suaminya dan tinggal di Purwakarta, Jawa Barat dan sudah dikaruniai buah hari bernama Emma Maritza Maulidya.

Dan saat ini selain menjadi ibu untuk Emma, ia juga aktif di komunitas Ibu Profesional yang sudah memiliki 10 ribu lebih follower dari seluruh Indonesia. Di komunitas ini, ia juga pernah menjadi pengurus sebagai sekretaris media dan komunikasi. Selain itu juga sedang belajar menulis dan literasi di Rumah Belajar IP Karawang, dan mengembangkan blog pribadi jurnaldeta.wordpress.com. Menjadi pengurus Majelis Taklim Perum Bukit Residence, ia juga memiliki bisnis kecil-kecilan.

Meski seabrek kegiatan ia lakoni, perempuan asli Kalisat Jember ini mengaku tidak pernah terbebani oleh apapun itu, karena dapat mengatur waktunya dengan baik.

“ Pastinya saya belajar management waktu dulu. Mencari ritmenya kalau sudah ketemu enak.  Misalkan menulis, saya ambil waktu malam saat anak tidur. Posting jualan saat anak main anteng, pagi dan sore waktunya menyelesaikan tugas domestik (bebersih dan masak ). Dan hari Minggu saatnya holiday dan ngopi ngopi, supaya tidak stress. Intinya di management waktu dan fokus. Tapi tetep yang utama adalah menjadi ibu dan istri,” ujarnya.

Tak hanya tentang dirinya, ia juga memberi pesan kepada adik-adik pelajar  di Pesantren Nuris Jember.

“Apa yang kita cita-citakan ayok perjuangkan, jika hasil tak sesuai keinginan berarti Allah Swt menyediakan takdir kehidupan yang lebih baik untuk kita. Karena yg tahu mana yang baik dan tidak baik untuk kita adalah Allah Swt. Apapun pendidikan dan profesi kita, jadilah bermanfaat untuk orang lain dan masyarakat, sebab orang yang paling baik adalah yang banyak memberikan manfaat. Dan yang menjadi takaran sukses bukan materi atau jabatan namun kebermanfaatan,” tambahnya mengakhiri wawancara dengan tim website pesantrennuris.net. [Red.Dev]

Biodata
Nama: Deta Rofiatul Badriyah
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2010
Kuliah: Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Tempat, tanggal, lahir: Jember, 23 Desember 1991
Alamat: Perum Bukit Residence Blok B9 No 16, Cikumpay, Campaka, Purwakarta, Jawa Barat

Deta berfoto dengan keluarga kecilnya

Related Post