Pengaruh Sistem Informasi Management Berbasis Komputer Terhadap Kinerja Suatu Perusahaan

Pengaruh Sistem Informasi Management Berbasis Komputer Terhadap Kinerja Suatu Perusahaan
Oleh : Siti Masruroh*

Informasi merupakan suatu hal yang signifikan yang dibutuhkan oleh setiap orang dari semua kalangan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun diluar itu. Terkait dengan adanya sistem informasi, seiring dengan berkembangnya zaman, dewasa ini terdapat banyak sekali sistem informasi, salahsatunya adalah sistem informasi berbasis computer. Sistem informasi berbasis komputer sangat dibutuhkan oleh suatu institusi maupun perusahaan untuk mendapat informasi baik dari internal maupun eksternal.

Sistem informasi menejement berbasis komputer mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kinerja suatu perusahaan, yaitu selain untuk memudahkan para karyawan dalam melaksanakan tugasnya dengan baik, juga untuk mendapatkan informasi yang lebih kompleks. Dengan hadirnya teknologi komputer telah mengubah segalanya, semua arsip-arsip dan dokumen-dokumen yang awalnya disimpan secara manual kini telah berubah secara digital. Penyimpanan secara digital merupakan penyimpanan yang efektif dan efisien. Semua file tersimpan rapi dalam komputer dan mempermudah pencarian apabila dibutuhkan. Dengan kehadiran komputer sebagai fasilitas dan wadah yang efektif dapat mempermudah proses dan kinerja dalam suatu perusahaan.

Peranan sistem informasi manajemen berbasis computer dalam sebuah perusahaan sangat penting yaitu sebagai penunjang kinerja perusahaan, karena sebuah perusahaan yang besar atau mempunyai jaringan yang sangat luas membutuhkan data yang cepat, akurat dan inovatif dalam kinerja dan untuk menunjang operasional sebuah perusahaan.Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajamen, maka analis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, yaitu dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level) manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya. Sehingga sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan

Sistem informasi yang baik dapat digunakan tidak hanya untuk penyimpanan data secara elektronik saja tetapi harus mampu mendukung proses analisis yang diperlukan oleh manajemen, karena dengan adanya laporan yang tersaji dengan cepat dan setiap saat dapat diakses tersebut maka keputusan-keputusan yang diambil pun dapat lebih cepat dan tepat terhadap dinamika pasar yang ada.

Dengan adanya sistem informasi manajemen ini, sebuah perusahaan mengharapkan suatu sistem yang dapat bekerja secara cepat dan akurat sehingga produktivitas kerja di perusahaan lebih meningkat. Pengembangan system informasi manajemen canggih berbasis komputer memerlukan sejumlah orang yang berketrampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerlukan partisipasi dari para manajer organisasi. Sistem informasi manajeman digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari.

*Alumni MA UNGGULAN NURIS

Related Post