Pelatihan dan Pembekalan MABA Alumni Nuris 2016

Oleh : Avan (Alumni Nuris Tahun 2008)*

Ikatan Mahasiswa Alumni Nuris (IMAN) mengadakan serangkaian acara untuk menyambut kedatangan anggota baru, yakni para Mahasiswa baru alumni Nuris angkatan 2016  yang telah diterima di berbagai perguruan tinggi bergengsi di Indonesia seperti IPB, UNIBRAW, UNY,UNEJ dan beragam perguruan tinggi yang lain

Kegiatan yang bertajuk “Dedikasi Iman untuk Pendidikan” dengan nama IMAN EVENTS berlangsung selama tiga hari, 30 juli-1 agustus 2016. Acara dimulai dengan ceremonial pelepasan mahasiswa baru alumni nuris oleh Pengasuh KH. Muhyddin Abdusshomad, dilanjutkan dengan Pelatihan dan Pembekalan MABA Alumni Nuris oleh IMAN pada hari kedua dan ditutup dengan pengenalan jalur seleksi perguruan tinggi kepada siswa-siswi Nuris hari terakhir.

Acara pelatihan dan pembekalan Maba Alumni Nuris diikuti oleh 43 peserta dengan menghadirkan beberapa narasumber yang telah berpengalaman yakni Top Five LKTI Nasional Agroindutrial Fair IPB 2013, Awardee Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)  LPDP Program Magister Dalam Negeri, dan para Penerima Beasiswa Bidikmisi, BBM dan PPA.

Pelatihan ini menyuguhkan beberapa materi diantaranya  Karya Tulis Ilmiah sebagai bekal para peserta untuk menulis makalah, laporan, jurnal ataupun skripsi. Pengenalan beasiswa-beasiswa On Going S1 yang bisa dimanfaatkan selama masa perkuliahan, serta peluang beasiswa S2 setelah menyelesaikan program sarjana dan yang terakhir pengenalan atau sharing kehidupan kampus dengan mahasiswa-mahasiswa alumni Nuris dari masing-masing kampus yang para peserta akan tuju.

Acara dimaksudkan untuk memberi bekal alumni Nuris sebelum memasuki perguruan tinggi agar mereka lebih siap menghadapi proses perkuliahan, mampu bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa lain dan mampu berprestasi diperguruan tinggi masing-masing. IMAN juga membantu para Maba Alumni Nuris agar lebih mudah beadaptasi dengan kehidupan kampus dengan mendatangkan para senior mereka Alumni Nuris yang  ada di perguruan tinggi yang dituju untuk sharing dan berbagi pengalaman mengenai kehidupan kampus.

*penulis saat ini sedang menempuh S2 dan penerima Beasiswa LPDP di IPB

Related Post