Akademisi dan Pengusaha Jepang-Korea Kagum Pada Produk Temuan Siswa SMA Nuris Jember

Nuris Jember – Kreatifitas siswa SMA Nuris Jember betul-betul tak terbendung. Kali ini, SMA Nuris Jember berhasil menciptakan produk ilmiah inkubator telur yang ramah lingkungan berbasis sistem kontrol otomatis “D’tronic gator”. Yudistira selaku tentor M-SAINS Robotika SMA Nuris Jember sangat bangga karena sebelumnya SMA Nuris Jember telah meraih juara 3 lomba Robotika tingkat Se-Jawa Bali dengan karyanya “Line Tracker” di Universitas Brawijaya Malang. Berawal dari karya pertama yang fenomenal ini, anggota M-SAINS Robotika Nuris Jember semakin giat menggeluti dunia Robotika dan mulai memikirkan produk-produk yang lebih kreatif dari sebelumnya. Akhirnya, terciptalah produk inkubator otomatis ini, yang sangat bermanfaat bagi dunia peternakan Indonesia.

Menurut Abdul Wahab salah siswa kelas XII (IPA) SMA yang terlibat  dalam proses pembuatan D’tronic gator, “Produk ini memiliki keunggulan dapat meningkatkan presentase penetasan telur, sehingga diharapkan dengan alat ini, Indonesia bisa mencapai swasembada daging. Ke depan Indonesia tidak perlu impor daging, kalau bisa justru melakukan ekspor daging. Bahkan hebatnya, alat ini juga bisa melakukan rekayasa genetika untuk menentukan jenis kelamin jantan maupun betina sesuai range suhu tertentu.

Kemudian Wahab mengemukakan bagaimana cara kerja dari alat inkubator telur yang di anggap ramah lingkungan tersebut, “Langkah pertama, masukkan telur yang akan dijadikan bahan uji ke dalam inkubator, kemudian tekan reset pada tombol Arduino Uno. Jika anda menginginkan ayam dengan kelamin jantan, maka anda cukup menekan tombol ON pada tombol jantan. Jika anda menginginkan kelamin betina anda cukup tekan tombol betina. Tombol ini untuk mengatur suhu yang berpengaruh pada rekayasa genetika anak ayam. Salah satu anggota M-SAINS Robotika tersebut, merasa senang karena hasil karya terbarunya bersama Reza Baihaqi dan Rohul Ikhsan meraih juara harapan 2 di ITB Bandung dalam ajang lomba Inovasi Teknologi tingkat Nasional. Lebih mengharukan lagi, ada beberapa akademisi dan pengusaha dari Jepang-Korea yang antusias mengamati “D’Tronic Gator” ini, mereka sangat kagum dengan alat ciptaan siswa SMA Nuris Jember. (Yol/Wul/Red)

Related Post