Butuhkan Waktu satu hari, Siswa Nuris Kalahkan 50 Penyair Se-Jawa Timur

Nuris – Khusnul Khotimah siswa  SMA Nuris kelas XII IPA ini, lagi-lagi meraih juara dalam ajang perlombaan baca puisi tingkat Jawa Timur, yang diadakan oleh Fakultas TeknologI Pertanian UNEJ dalam rangka “UKM Dolanan”. Siswa yang akrab dipanggil Khusnul tersebut berhasil mendapatkan juara 2 dan melengserkan puluhan peserta dari berbagai daerah.

Perlombaan baca puisi tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 November 2016 kemarin, diikuti oleh 50 peserta perwakilan se-Jawa Timur. Mengingat peserta yang dibatasi tersebut membuat persaingan antar peserta semakin sengit. Apalagi, penilaian dalam lomba dibagi menjadi empat macam yaitu vokal, penghayatan, artikulasi dan penampilan. Tidak hanya itu, perlombaan ini juga dihadiri oleh tiga juri profesional yang telah lama mendalami dunia sastra. Salah satunya adalah bapak Gatot Sutanto SP.d termasuk dalam sastrawan Indonesia yang medianya telah mencangkup luar negeri.

Menurut Khusnul Khotimah budaya itu kuncinya sastra, sastra itu kuncinya teater, teater itu kuncinya puisi, dari semua macam sastra paling susah ialah puisi. Membawakan puisi yang berjudul “Jaket Berlumuran Darah” karya Taufik Ismail membuat wanita 17 tahun ini meraih total nilai sebanyak 900 dari akumulasi tiap-tiap kriteria lomba.

( Baca Juga: MA Unggulan Nuris Sukses Menjuarai Bahtsul Masail Se-Kabupaten Jember )

Prestasi yang gemilang ini, tentunya tidak didapatkannya secara gamblang. Melewati karantina yang hanya berlangsung selama satu hari sebelum lomba tidak membuatnya merasa minder. Pasalnya, bapak Ferik Sahit Persi SP.d selaku tentor yang didatangkan langsung untuk melatih peserta lomba benar-benar memiliki kemampuan yang tidak perlu diragukan lagi dalam hal bersyair.

“walaupun banyak tanggapan-tanggapan miring tentang sastrawan, saya harap kader-kader sastrawan Nuris tidak pantang menyerah untuk terus mengembangkan bakat yang indah itu,” imbuhnya. (IRA/SAY/RED)

dsc_0147

dsc_0153

Related Post