Seronoknya Peserta Baca Puisi NGT 2017, Ini Dia Pemenangnya

Seronoknya Peserta Baca Puisi NGT 2017, Ini Dia Pemenangnya

Pesantren Nuris – Puluhan peserta Baca Puisi telah menampilkan yang terbaik pada ajang Nuris Got Talent (NGT) 2017 (28/01). Antusias peserta yang tersebar dari beberapa kabupaten di Jawa Timur sangat besar. Mereka berasal dari Kabupaten Malang, Surabaya, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi.

Demi memeroleh peserta terbaik dalam mendeklamasikan puisi, panitia NGT 2017 mendatangkan juri berskala nasional. Mereka adalah Siswanto, M.Pd, Ferick Sahid, S.Pd, Ibnu Wicaksono, Alivia Nadatul Aisyi, Endah Muliasari N., dan Yanto Adnan, M.Pd.

(Baca juga: MI Unggulan Nuris Jember Rebut 3 Piala Kejuaraan AISAC )

Lomba baca Puisi tersebut dilakukan melalui mekanisme dua babak yakni, babak penyisihan yang dibagi dalam dua ruang dan babak final. Setiap ruang terdiri dari tiga dewan juri. Lima peserta terbaik dari setiap ruang berhak masuk final. Dari sepuluh peserta final terpilihlah 3 juara dan 3 juara harapan.

Teks puisi yang dilombakan oleh panitia yang dibagi dalam dua babak. Teks puisi di babak penyisihan terdapat dua pilihan yakni, Sajak Suara karya Wiji Tukul dan Selamat Pagi Indonesia karya Sapardi Djoko Damono. Sementara teks puisi di babak final yakni, Ibu di Atas Debu karya salah satu maestro sastra Indonesia yakni, WS. Rendra.

“Pemilihan puisi yang ditentukan ini agar peserta telah menyiapkan di sekolah masing-masing. Sehingga peserta ketika tampil bisa lebih menguasai. Ini lomba mendeklamasikan puisi bukan menghafal. Alhamdulillah kami telah menemukan juaranya.” Kata Faizal, Koordinator Cabang Lomba Baca Puisi NGT 2017.

(Baca juga: Remaja 17 Tahun Ini Raih Juara 2 Lomba Pidato Bahasa Arab Kabupaten )

“Peserta di babak final adalah yang terbaik dan memiliki kualitas suara serta ekspresi yang berkualitas. Penampilan di babak penyisihan dan di final diakumulasi sehingga ditemukan juara sejati puisi kali ini.” Kata Siswanto, Ketua Dewan Juri Baca Puisi sekaligus Dosen FKIP UNEJ tersebut.

“Juara 1 adalah Safira Ananda Nabila FI dari SMPN 1 Jember, juara 2 atas nama Nayla Syafaatul dari SMP Nidomiyah Pakusari, juara 3 atas nama Nabila Fardina Idrus dari SMP Tazkia IIBS Malang, harapan 1 yakni Izzatir Radiah Dwi Auliya dari SMPN 04 Jember, harapan 2 atas nama Khuiren Rahma dari SMPN 12 Jember, dan harapan 3 atas nama Maskana Putri dari SMPN 12 Jember.” Tambahnya.

“Semoga yang belum menang tetap gigih untuk belajar dan bisa meraih prestasi di lain waktu. salam budaya, salam NGT 2017. Sukses!!!” tegas Yanto, salah satu Dewan Juris Puisi senior ini. [AF.Red]

16403079_1586091551401329_3653036691784085445_o

Related Post