Expo Campus: Debat Mahasiswa Antar Daerah, Seru

Nuris – EXPO Campus berjalan dengan meriah. Salah satu acara yang paling diminati oleh para peserta adalah Debat Mahasiswa Antar Daerah yang dilaksanakan di Masjid Baitul an-Nur Nuris, Senin (23/01). Acara yang diikuti oleh anggota IMAN (Ikatan mahasiswa alumni nuris) dan segenap siswa-siswi kelas XII MA/SMA/SMK Nuris Jember ini berlangsung sesuai rencana.

Baca juga: (Siap!!! EXPO Campus)

Peserta debat berasal dari mahasiswa sebagai dua perwakilan dari masing-masing daerah tempat univertasnya, antara lain: NURFATA (Nuris Family In Yogyakarta) diwakili oleh Rizal dan Mabrur, HIMMARIS (Himpunan Mahasiswa Malang Nuris) yang diwakili oleh Rera dan Irwan, FORMARIS (Forum Mahasiswa Nuris) dari Jember diwakili oleh Nawa dan Fanda, alumni nuris dari IKMANSA (Ikatan Mahasiswa Nuris Surabaya) oleh Lusi dan Himma dan PEMANUTAN (Jabodetabek) oleh Sya’roni dan Mausul.

Para sesi pertama, setiap peserta diberi kesempatan untuk mempromosikan Universitasnya masing-masing melalui penyampaian argumen-argumen yang berkaitan dengan daerah Universitasnya guna memberi informasi  untuk  para peserta agar berminat menjadi calon mahasiswa di Universitasnya. Paparan argumen berisi informasi tentang daerah masing-masing yang meliputi pencapaian prestasi daerah, destinasi wisata, ikon kota yang ditempati, dan lain-lain.

Seperti argumen dari Surabaya yang meluruskan pendapat-pendapat miring tentang kota Surabaya yang dikenal dengan kota liar dan penuh dengan doli bahwa anggapan itu tidak benar. Sekaligus pembuktian bahwa Surabaya adalah kota yang memiliki Universitas dengan jurusan terlengkap dan lapangan pekerjaan yang luas.

Argumen dari daerah Yogyakarta menyatakan bahwa Yogyakarta adalah kota terbersih nomor 1 se Jawa Timur, kota dengan destinasi wisata yang indah dan sebagai kota dengan sebutan kota militer, begitu pula argumen-argumen dari daerah lainnya. Sesi penyanggahan dan kesimpulan sebagai kerangka berikutnya dalam acara debat mahasiswa antar daerah tersebut.

Selain untuk mempererat tali silaturrahmi antar alumni, acara ini juga bertujuan untuk menginformasikan kepada para peserta didik khususnya kelas XII. “Supaya mereka mempersiapkan dengan matang untuk memilih Universitas yang mereka inginkan dan terbaik bagi dirinya serta pendidikannya ke depan,” tutup Avan, Ketua IMAN Th. 2017.[dina/nabila]

Related Post