Peluang Beasiswa Terbaik Taiwan Telah Dibuka

Ada yang bilang bulan februari dan maret adalah bulan galau bagi siswa sekolah menengah atas yang akan melaksanakan ujian nasional, tidak hanya itu mereka juga harus memilih rencana kedepan pasca kelulusan. Kuliahkah, kerjakah atau berkreasi dengan aktifitas yang lain. Pun bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa tingkat akhir yang tidak hanya pada bulan ini mereka galau, mereka harus bergegas menyelesaikan dokumen resmi yang sering kita sebut skripsi untuk strata 1, dan tesis untuk strata 2.

Baca juga: (Ayo Kuliah……….)

Salah satu yang paling diincar untuk melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya adalah beasiswa. Untuk mendapatkan beasiswa ternyata yang dibutuhkan adalah informasi lengkap dan menyeluruh terkait syarat dan ketentuan dari beragam beasiswa tersebut.

Berikut beberapa jenis beasiswa yang ada di Taiwan yang juga banyak diincar oleh teman-teman dari Indonesia. Pertama, beasiswa dari Kementrian pendidikan Taiwan. Kedua, beasiswa dari kampus National Chiayi University Taiwan.

Kementerian pendidikan Taiwan membuka peluang beasiswa untuk mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi di Taiwan. Baik jenjang S1, S2 maupun S3. Periode pengajuan aplikasi dimulai 1 Februari 2017 sampai dengan 31 Maret 2017.  Jumlah beasiswa yang diberikan, meliputi:

  1. Tunjangan biaya hidup

Untuk S1 akan diberikan sebesar NT$ 15.000,- ( setara Rp 6.000.000,-)/bulan, sedangkan untuk S2 dan S3 akan diberikan sebesar NT$ 20.000,- ( setara Rp 8.000.000,- )/bulan

  1. Biaya Kuliah dan biaya akademis lainnya

Menteri Pendidikan Taiwan akan memberikan subsidi sebesar NT$ 40.000,-(*)/semester untuk setiap mahasiswa. Apabila biaya yang dibutuhkan melebihi NT$ 40.000,-, maka kelebihan biaya ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa.

(*)NT$ 40.000 setara Rp 16.000.000,-

  1. Penerima beasiswa membayar sendiri

Biaya administrasi, biaya penasihat tesis, premi asuransi, biaya akomodasi dan biaya internet.

Tunjangan biaya hidup yang didapat dari beasiswa ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan beasiswa yang diberikan oleh kampus. Tentu ada persyaratan yang harus dipersiapkan. Diantaranya:

  1. Formulir aplikasi beasiswa (tersedia di website)
  2. Fotokopi paspor dan kartu keluarga
  3. Fotokopi ijasah dan transkip nilai pendidikan terakhir yang telah keluar
  4. Fotokopi formulir yang digunakan saat mendaftar ke universitas (Contoh Fotokopi bukti transfer uang pendaftaran, formulir pendaftaran universitas, fotokopi bukti tanda terima aplikasi pendaftaran, email )
  5. Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa:

Program studi yang TIDAK menggunakan bahasa Inggris :

Fotokopi sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) dengan minimal tingkat menegah (L3). Tidak menerima sertifikat lain selain TOCFL.

Program studi bahasa Inggris :

Fotokopi sertifikat TOEFL/ TOEIC/IELTS atau sertifikat kemampuan bahasa Inggris lainnya dari Instansi yang sudah diakui internasional.

  1. Dua buah surat rekomendasi yang sudah di tanda tangani dan tertutup rapat dalam amplop. (contoh dari Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Profesor atau Supervisor). Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi tidak berlaku.

Informasi lebih lengkap terkait beasiswa ini silahkan kunjungi alamat website berikut http://www.studiditaiwan.org/2014/05/program-beasiswa-taiwan-2014_3454.html. Atau dapat menghubungi penulis melalui facebook Nur Izzatul Maulidah atau email nurizzatul.maulidah@gmail.com.

Selanjutnya jenis beasiswa dari National Chiayi University. Jenis beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan langsung oleh Universitas Chiayi. Tunjangan hidup yang diberikan sebesar NT$ 8.000,- ( setara Rp 3.200.000,-)/bulan. Periode pendaftaran dimulai 1 februari-30 april 2017. Berikut persyaratan yang harus dilengkapi:

  1. Form aplikasi (website)
  2. Pasport
  3. Ijazah terkahir yang sudah diterjemahkan dalam bahasa inggris
  4. Transkrip nilai yang sudah diterjemahkan dalam bahasa inggris
  5. Surat rekomendasi (seperti dosen)
  6. Rencana studi selama 2 tahun
  7. Bukti keuangan yang ada di rekening
  8. Sertifikat bahasa, dapat dipilih salah satu:
  • Fotokopi sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) dengan minimal level 2
  • Fotokopi sertifikat TOEFL/ TOEIC/IELTS atau sertifikat kemampuan bahasa Inggris lainnya dari Instansi yang sudah diakui internasional. Score minimal TOEFL ITP 457, TOEFL iBT 47, TOEFL CBT 137, IELTS 4, TOEIC 550 dan dalam kurun 2 tahun.

Informasi lebih lengkap terkait beasiswa ini silahkan kunjungi alamat website berikut http://www.ncyu.edu.tw/oia_eng/itemize_list.aspx?site_content_sn=5241. Serta untuk mengetahui lebih lengkap dalam bentuk pdf dapat didownload melalui alamat website berikut:

http://www.ncyu.edu.tw/files/list/OIA/2017%E4%B8%AD%E8%8B%B1%E5%90%88%E4%BD%B50117.pdf. Pembaca juga dapat menghubungi penulis melalui facebook Nur Izzatul Maulidah atau email nurizzatul.maulidah@gmail.com.

Selamat mencoba. //nim22//

16711805_1083368478474946_2350281483810200241_n

Related Post