Prestasi MA Unggulan Nuris Jember Fantastis, SMP dan MA Unggulan Al Azhar Muncar Laksanakan Studi Banding

Prestasi MA Unggulan Nuris Jember Fantastis, SMP dan MA Unggulan Al Azhar Muncar Laksanakan Studi Banding

Pesantren Nuris – Senin, (13/2), Kampus MA Unggulan Nuris Jember kedatangan tamu dari Muncar, Banyuwangi. Segenap manajemen dan guru Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al Azhar (YPIS) Muncar, Banyuwangi tersebut disambut oleh Pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi, Lc beserta kepala dan struktural MA Unggulan Nuris Jember.

Ketertarikan dengan pencapaian prestasi yang fantastis oleh MA Unggulan Nuris Jember membuat lembaga formal dari YPIS Muncar melaksanakan studi banding. Lembaga tersebut yakni, SMP dan MA Unggulan Al Azhar Muncar yang berdiri sejak 2010 lalu.

Melalui website pesantrenuris.net, manajemen YPIS Muncar mengetahui prestasi dan informasi MA Unggulan Nuris Jember. “Pesantren Nuris Jember ini sudah terkenal di mana-mana terutama di daerah tapal kuda ini. Khususnya MA Unggulan Nuris Jember yang memiliki segudang prestasi baik dalam lomba keagamaan, sains, maupun keterampilan lainnya.” Kata Muhammad Muhtarulloh, kepala MA Unggulan Al Azhar Muncar.

(Baca juga: Santri yang Sangat Menginspirasi! Cerdik Pula! )

“Padahal MA Unggulan Nuris Jember baru berdiri pada tahun 2011, tetapi perkembangannya sangat pesat. Mulai dari grafik input siswa, outputnya, manajemen kurikulumnya, apalagi prestasi, sudah tak diragukan lagi.”

“Beberapa jam di sini tak akan pernah puas membedah hebatnya prestasi Nuris, saya akan ke sini lagi untuk sharing. Kok bisa ya santri di sini banyak juaranya. Kayak gimana mendidik anak-anak hebat yang juara robotika itu, yang jago tilawah nasional, dan mahir baca kitab, serta tahfiznya. MA Nuris luar biasa.” Imbuhnya memuji.

Setelah acara pembuka di auditorium Pesantren Nuris Jember, segenap guru, Waka Kesiswaan dan BK (Bimbingan Konseling), Waka Kurikulum, serta Kepala Sekolah SMP dan MA Unggulan Al Azhar saling sharing di kantor masing-masing.

“Kami ingin menggali segala macam informasi manajemen di MA Unggulan Nuris Jember untuk kami pelajari dan bawa ke Muncar. Selain mengenai manajemen formal, kami juga ingin mengatahui manajemen di pesantrennya.” Ungkap Ustad Balya, Sekretaris YPIS Muncar tersebut.

(Baca juga: Paradoks Indonesia, Mading Kreasi OSIM MA Unggulan Nuris Membangun Bangsa )

Gus Robith, mewakili kepala MA Unggulan Nuris Jember yang sedang ada rapat di luar Nuris menyampaikan, “Kami sangat tersanjung dengan kunjungan dari saudara jauh kami ini, Al Azhar Muncar. Sebenarnya kami pun juga masih harus terus meningkatkan mutu lembaga kami. Melalui kinerja bidang SDM (Sumber Daya Manusia) Yayasan Nurul Islam, kami terus berupaya meningkatkan semua yang ada di sini.”

“Melalui SDM (Sumber Daya Manusia) yakni, guru dan asatid/asatizah yang berkualitas lah kunci dari kemajuan sebuah lembaga. Kami membidik dari situ. Sehingga pengelolaan mampu diterjemah dengan realisasi yang progresif. Kami pun juga akan belajar dari keunggulan yang dimiliki oleh MA Al Azhar mengenai manajemen wajib tahfiz dan bahasa Arab tersebut.”

“Keunggulan lembaga dimunculkan sesuai kebutuhan dan keadaan sosial-budaya setempat. Kami di Nuris berupaya memadukan pesantren salaf yang mampu memahami kitab kuning dengan pesantren modern yang unggul dalam bahasa asing serta sains.”

“Tapi yang terpenting, sesama pesantren berhaluan ahlussunnah wal jamaah ini wajib terus berupaya menyebarluaskan pemahaman Islam rahmatan lil alamin. Untuk itu, program NSEP (Nuris Student Exchange Programme) menjadi program unggulan kami hingga ke tiga negara yakni, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Barangkali ke depan kedua lembaga ini bisa bekerja sama.” Tegas Gus Robith.[AF.Red]

16665664_1609359542407863_4100036813219771372_o

 

 

 

 

Related Post