Kreativitas Pelajar SMP Nuris Jember, Praktik Mengenal Rangkaian Listrik

Kreativitas Pelajar SMP Nuris Jember, Praktik Mengenal Rangkaian Listrik

Pesantren Nuris – Pelajar SMP Nuris Jember terlihat antusias di laboratorium fisika. Mereka sedang mengutak-atik bongkahan peralatan listrik yang didampingi oleh guru IPA, Lusy Rosita, S.Pd. Melalui peralatan itu, mereka berupaya mengenal arus listrik dan rangakaiannya yakni, rangkaian seri dan paralel 02/02).

Di laboratorium fisika tersebut, siswa kelas 9 SMP Nuris Jember diwajibkan mengetahui komponen listrik. Selain itu, mereka harus memahami bagaimana proses dan pengaruh arus listrik terhadap komponen listrik. Kemudian mereka akan membuat rangkaian listrik tertutup seri dan paralel.

“Untuk mengaplikasikan materi fisika dalam mapel IPA ini cukuo sederhana. Kami butuh kit listrik dan power supply saja. Alhamdulillah Lab fisika kami cukup representatif untuk membuat anak-anak memiliki pengalaman belajar kelistrikan.” Kata Lusy.

“Saya senang sekali karena anak-anak sangat antusias belajar di Lab ini. Jadi belajar tidak hanya imajiner melalui gambar mati saja, tetapi langsung memahami melalui praktik seperti ini.”

“Ada yang agak lucu, sebagian anak-anak takut terkena strum. Namun, sudah saya jelaskan bahwa arus listrik dalam praktik ini berarus searah atau dikenal dengan sistem DC, dan hanya memiliki daya 12 Volmeter jadi tidak berbahaya. Akhirnya, anak-anak semakin semangat belajar.” Imbuhnya.

(Baca juga: Keren !!! Ciptakan Alat Peraga Saraf Motorik, Nuris Kembali Raih Juara )

Pembelajaran kreativitas dan inovasi ini sangat mendukung kecerdasan siswa di SMP Nuris Jember. Komponen kecerdasan mereka tidak hanya sebatas kognitif saja, melainkan afektif dan psikomotor juga.

“Harapan saya, siswa SMP Nuris Jember mempunyai cita-cita tinggi khususnya dalam kelistrikan. Siapa tahu beberapa tahun ke depan mereka ada yang bekerja di PLN (Perusahaan Listrik Negara). Atau mungkin paling tidak, mereka dapat memahami listrik secara bijak baik di lingkungan maupun secara sosial.” Tutup Lusy.[AF.Red]

15193648_1541695025846103_6152429589651972413_n

 

Related Post