Al-Daiba’i Pengarang Shalawat Daiba’iyyah

Soal :

Shalawat yang sering dibaca dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah Mawlid al-Daiba’i yang dikenal dengan diba’an. Siapakah pengarang diba’an tersebut?

Jawab :

Sayyid ‘Alawi Malaki mengatakan:

هُوَ وَجِيْهُ الدِّيْنِ عَبْدُالرَّحْمَنِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ مُحَمَّدٍ الشِّيْبَانِيِّ اليَمَنِيِّ الزُّبَيْدِيِّ الشَافِعِيِّ (الْمَعْرُوْفُ بِابْنِ الدَيْبَعِ، وَالدَيْبَعُ بِمَعْنَى اَلأَبْيَضِ بِلُغَةِ السُّوْدَانِ هُوَ لَقَبٌ لِجَدِّهِ اْلأَعْلَى بْنِ يُوْسُفَ) وُلِدَ فِي الْمُحَرِّمِ سَنَةَ ٨٦٦ هِجْرِيَّةً وَتُوُفِّيَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَانِيَ عَشَرَمِنْ رَجَبَ الْفَرْدِسَةَ ٩٤٤ هِجْرِيَّةً. وَكَانَ صَدُوْقَ الِّلسَانِ حَسَنَ الَّلهْجَةِ حُلُوَّ الْحَدِيْثِ (مولد الحافظ ابن الديبع،ص ٥ )

“Dia adalah Wajihuddin ‘Abdurrahman bin ‘Ali bin Muhammad Asy-Syaibani  al-Yamani  al-Zabidi al-Syafi’i (yang dikenal dengan ibn al-Daiba’i. Al-Daiba’i menurut bahasa Sudan artinya putih. Itu julukan kakeknya yang paling agung bin Yusuf). Beliau dilahirkan pada bulan Muharram tahun 866 H dan wafat pada hari Jum’at tanggal 12 Rajab tahun 944 H. (jadi usia beliau wafat ± 76 tahun). Beliau seorang yang jujur, lemah lembut tutur katanya dan indah bahasanya.”  (Mawlid al-Hafizh Ibn al-Daiba’i, 5)

Baca Juga : (Amar Ma’ruf Nahi Munkar)

Dalam bidang fiqh, beliau bermadzhab Syafi’i. Oleh sebab itu, beliau termasuk golongan Ahl al-Sunnah Wa al-Jama’ah, karena masih mengakui dan mengikuti salah satu madzhab yang empat. Banyak hal yang bisa dijadikan bukti bahwa beliau termasuk golongan Sunni. Antara lain, di dalam shalawat yang dikarang, beliau mengatakan:

يَا رَبِّ وَارْضَ عَنِ الصَّحَابَةِ (*) يَا رَبِّ وَارْضَ عَنِ السُّلاَ لَةِ

(مجموعة موالد وادعية،٦٦)

“Ya Allah, ridhailah para sahabat Nabi SAW.

Ya Allah ridhailah keturunan Nabi Muhammad SAW.”

(Majmu’ Mawlid wa al-Ad’iyyah,66)

Jelas al-Daiba’i sangat menghormati para sahabat dan Nabi Muhammad SAW. Dan hal itu merupakan ciri khas dari Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah.

Sumber: KH Muhyiddin Abdusshomad. 2010. Fiqih Tradisionalis. Surabaya: Khalista.

Related Post