Buldoser Mini SMK Nuris Jember Canggih dan Tangguh

Pesantren Nuris – Siswa SMK Nuris Jember melakukan perbaikan sistem hidrolik dan kompresor udara diaplikasikan dengan prototipe. Hal ini dilakukan supaya anak-anak dapat menguasai sepenuhnya tentang sistem hidrolisis dan setelah lulus bisa mengaplikasikanya di tempat kerja

Alat ini dibuat oleh siswa yang dibina guru mata pelajaran langsung. Ada dua kelas yang membuat alat ini, yakni kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan setiap kelasnya membuat 4 buah buldoser mini yang canggih dan tangguh.

Proses pembuatannya yang pertama siswa membuat gambar teknik dengan teliti dan benar, yang kedua lanjut praktik pembuatan benda dan langsung diuji coba. Bahan yang diperlukan diantaranya stik eskrim/triplek, selang, suntikan, lem perekat dan kawat.

Tujuan diciptakannya alat ini adalah siswa dapat mengaplikasikan teori langsung ke bendanya tidak hanya materi pembelajaran saja dan ternyata antusias para siswa sangat besar.

(Baca juga: Game Wayang Karya SMK Nuris Jember Raih Juara di Udayana Bali)

“Harapan saya siswa dapat mengaplikasikan langsung teori ke benda aslinya dan yang kedua untuk melatih anak-anak untuk merancang dan membuat alat-alat yang menggunakan sistem hidrolik.” Ujar P. Firlan selaku guru pendamping.  (Red/Shilut)

Related Post