Belajar Menabuh Hadrah, 15 Mahasiswa Asing Terkesan Saat Kunjungi Nuris

Pesantren Nuris- Kedatagan mahasiswa asing yang tergabung dalam UJICC (Universitas Jember International Cultural Camp) disambut hangat oleh santri Nuris di masjid Baitun Nur. Kemarin, 31 Juli 2017 tim hadrah Nuris sambut kedatangan mereka dengan gemuruh tabuhan hadrah dan nyayian berbau islami.

UJICC (Universitas Jember International Cultural Camp) terdiri dari enam belas mahasiswa asing asal Jerman, Scotlandia, Vietnam, Jepang, Myanmar, Filiphina dan Thailand. Mereka terlihat begitu kagum dengan kepiawaian santri Nuris memainkan alat musik hadrah.

Kekaguman mereka ditunjukkan dengan hasratnya yang tinggi untuk belajar memainkan alat musik hadrah. Santri Nuris tidak segan-segan mengajari mereka untuk bermain alat musik hadrah. Masiswa asing ini terlihat begitu semangat, dengan senyum sumringah mereka pukul alat musik hadrah walaupun masih terlihat kaku. Selain itu, kekaguman mereka juga terlihat dari ambisinya untuk mengambil gambar alias foto.Tidak sedikit dari mereka yang memotret santri Nuris ketika memainkan alat musik hadrah.

(Baca juga:Budaya Islam Untuk Dunia)

“Cukup menyenangkan dan unik dalam mengajarkan seni hadrah ini, walaupun sempat kesulitan untuk menjelaskan tata caranya, tetapi bagi saya ini adalah suatu kehormatan besar dapat membagi ilmu dengan mahasiswa asing. Walaupun non muslim, tetapi antusias mereka sangat tinggi untuk belajar bermain hadrah di Pesantren Nuris ini.” Ujar Yudion salah satu santri Nuris yang bermain hadrah ketika ditemui di sela-sela acara kemarin. (Red/Yuv)

 

Related Post