Teleskop Baru, M-Sains Astronomi Nuris Siap Ukir Prestasi di Kancah Internasional

Pesantren Nuris – Anggota Madrasah Sains (M-Sains) Nuris bidang Astronomi gembira miliki teleskop baru. Bagaimana tidak? Berkat prestasi  gemilang yang ditorehkan selama ini,  sekolah berikan apresiasi dengan mengadakan teleskop untuk mendukung program M-sains Astronomi.

Selain itu, adanya teleskop tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap program M-Sains yang saat ini sedang digencarkan di Nuris. Nuris bukan pesantren yang hanya mengembangkan ilmu agama, melainkan juga ilmu sains.

Teleskop adalah sebuah alat bantu penglihatan (optik) untuk mengamati benda-benda yang jauh terutama benda yang berada di langit seperti bulan dan bintang. Alat canggih ini berfungsi untuk mengumpulkan cahaya dan memfokuskannya lebih besar dari segi diameternya, sehingga lebih banyak cahaya yang dapat dikumpulkan. Alhasil, teleskop dapat melihat benda-benda yang letaknya jauh, bahkan tidak tampak secara kasat mata.

Santri Nuris yang tergabung dalam M-Sains bidang Astronomi tersebut bahagia seraya memandang teleskop baru itu. “Saya bahagia karena kami M-Sains Astronomi sudah memiliki teleskop sendiri. Kita tidak harus sewa seperti dulu untuk mengamati benda langit yang jauh,” ungkap Fajri ketika ditemui kemarin di kantor M-sains.

Tidak hanya bahagia saja, anggota Msains Astronomi juga siap menorehkan prestasi yang waw lagi untuk mengharumkan nama Nuris. Selama ini, M-Sains Astronomi juga pernah mendapatkan juara 2 olimpiade Astronomi tingkat kabupaten Jember.

Anggota M-Sains bidang astronomi juga pernah mengikuti beberapa lomba bergengsi, di antaranya olimpiade Astronomi Brapi di Universitas Brawijaya dan olmpiade astronomi HIPS (Himpunan Pelajar Astronomi Surabaya).

(Baca juga: Bedah Buku Ayat-ayat Semesta Bersama Agus Purwanto: Love Alquran and Sains)

“Memiliki teleskop tidak hanya ditunjukkan dengan kebahagiaan semata, melainkan ini adalah pecutan bagi untuk menorehkan prestasi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Kami M-Sains bidang Astronomi siap berprestasi untuk mengharumkan nama Nuris tidak hanya di kancah Indonesia melainkan juga dunia,” tambahnya dengan semangat. (Red/Yuv/Af)

 

Related Post