Ekskul Qiroatul Kutub Alfiyah Pesantren Nuris Jember, Jawab Tantangan Globalisasi

Pesantren Nuris – Eksktrakurikuler kitab Alfiyah Pesantren Nurul Islam Jember kian populer. Padahal ekstrakurikuler tersebut tergolong baru dan merupakan salah satu ekstrakurikuler yang langka, sebab tidak semua lembaga memiliki ekstrakurikuler tersebut.

Peserta ekstrakulikuler tersebut merupakan siswa pilihan yang diyakini memiliki kemampuan di bidang kitab khususnya kitab Alfiyah. Siswa dipilih melalui seleksi oleh tentornya yaitu Ustadz Dani Firdaus. Dari sekian banyak siswa yang mendaftar untuk mengikuti ekstrakulikuler ini, hanya 5 orang yang terpilih.

Ekstrakulikuler tersebut dilaksanakan setiap hari Senin mulai pukul 15.30 hingga pukul 17.00 WIB dengan di dampingi oleh tentor professional yaitu Ustadz Dani Firdaus. Ekstrakurikuler tersebut juga dekat dengan target. Sebab setiap pertemuan siswa wajib setor hafalan.

Dibentuknya ekstrakurikuler kitab Alfiyah ini dimaksudkan dapat mengembangkan prestasi siswa dan raih segudang prestasi di bidang tersebut. Keseriusan siswa untuk berlatih terlihat sekali, mereka antusias ikuti pembelajaran dan selalu setor hafalan.

“Saya senang bergabung dengan ekstrakurikuler kita Alfiyah ini, sebab peserta ekstrakurikuler hanya 5 siswa dan merupakan siswa pilihan, jadi saya akan memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, “ tungkas salah satu anggota ektrakurikuler tersebut.

“Di saat remaja banyak bergelut dengan gadget dan melakukan hal kesia-siaan, kami di Pesantren Nuris Jember ingin seolah melawan arus dengan mengaji kitab kuning klasik demi memperkuat akidah dan menjawab tantangan global. ” imbuhnya.

(Baca juga: Rutinitas Kajian Kitab Ala Santri Putra Nuris Jember)

“Karena ekstrakurikuler ini termasuk baru, semoga ke depannya semakin banyak prestasi yang bisa kami raih untuk mengharumkan nama pesantren Nuris Jember. Meski di pondok sudah diajarkan, melalui ekskul ini lebih prioritas lagi,” tambahnya lagi. (Red/Malik)

Related Post