Madzhab Imam Syafi’i RA

Soal:

Di indonesia pada khususnya, dan wilayah Asia Tenggara pada umumnya, dalam bidang fiqh umat islam mengikuti madzhab Imam Syafi’i RA. Dalam hal ibadah ataupun mu’amalah madzhab syafi’iyyah selalu menjadi pedoman sehari-hari. Siapakah sebenarnya Imam syafi’i RA itu? Dan siapakah para tokoh golongan syafi’i ini? Lalu,apakah Imam Bukhari termasuk salah seorang pengikut Imam Syafi’i RA?

Jawab:

Nama lengkap Imam Syafi’i RA adalah Muhammad bin Idris al-Syafi’i. Beliau lahir pada tahun 150 H, bertepatan dengan tahun wafatnya Imam Abu Hanifah , dan wafat di Mesir pada tahun 204 H. Imam Syafi’i RA adalah seorang mujtahid muthlaq mustaqil. Selain ahli dalam bidang fiqh, beliau juga mahir dalam Ilmu Hadits dan akidah. Tentang keagungan dan keistimewaan Imam Syafi’i RA,Dr. Wahabah al-Zulhaili menyatakan:

كَانَ مُجْتَقِداً مُسْتَقِلاًّ مُطْلَقًا إِمَامًا فِي الْفِقْهِ وَالْحَدِيْثِ جَمَعَ فِقْهَ الْحِجَازِيِّيْنَ وَالْعِرَاقِيِّيْنَ. قَالَ فِيْهِ أَحْمَدُ ” كَانَ أَفْقَهَ النَّاسِ فِي كِتَابِ اللهِ وَرَسُوْلِهِ…إلى أن قال…” اِتَّفَقَ اْلعُلَمَاءُ مِنْ أَهْلِ الْفِقْهِ وَاْلأُصُوْلِ وَاْلحَدِيْثِ وَالْلُغَةِ وَالنَّحْوِ وَغَيْرِ ذَلِكَ عَلَى أَمَانَتهِ وَعَدَالَتِهِ وَزُهْدِهِ وَوَرَعِهِ وَتَقْوَاهُ وَجُوْدِهِ وَحُسْنِ سِيْرَتِهِ وَعُلُوِّ قَدْرِهِ ( الفقه الإسلامي وأدلته, ج 1 ص 36 )

Imam Syafi’i RA adalah seorang mujtahid mustaqil muthlaq, imam dalam bidang fiqh dan Hadits. Beliaulah yang mampu menggabungkan fiqh Ulama Hijaz (sekarang wilayah Makkah dan Madinah) dan fiqh Ulama Irak Imam ahmad berkomentar , “Imam Syafi’i RA adalah orang yang paling mengerti tentang kitab Allah dan Sunnah Rasulullah SAW”…(seterusnya)…Semua ulama ahli fiqh, ushul, Hadits, ahli bahasa serta ulama yang lain telah sepakat bahwa Imam syafi’i adalah seorang yang amanah , adil, zuhud, wara’, bertaqwa, pemurah, reputasinya baik serta mempunyai kedudukan yang mulia.”(Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, juz 1, hal 36)

Inilah keistimewaan dari pendiri madzhab Syafi’i RA. Apa yang beliau rintis kemudian diteruskan oleh para pengikutnya, seperti Yusuf bin Yahya al-Buwaithi, Abu Ibrahim Ismail bin Yahya al-Muzani, dan lainnya. Termasuk pengikut madzhab syafi’i adalah Imam Bukhari. Syaikh Waliyullah al-Dahlawi menyebutkan dalam Al-Inshaf fi Bayani Asbab al-Ikhtilaf.

وَمِنْ هَذَا الْقَبِيْلِ مُحَمَّدٌ بْنُ اِسْماَعِيْلَ الْبُجَارِيُّ فَإِنَّهُ مَعْدُوْدٌ فِيْ طَبَقَاتِ الشَّافِعِيَّةِ. وَمِمَّنْ ذَكَرَهُ فِي طَبَقَاتِ الشَّافِعِيَّةِ اَلشَّيْخُ تاَجُ الدِّيْنِ الَسُّبْكِيُّ، وَقَالَ إِنَهُ تَفَقَّهَ بِالْحُمَيْدِيِّ، وَاْلحُمَيْدِيُّ تَفَقَّهَ بِالشَّافِعِيِّ. وَاسْتَدَلَّ شَيْخُناَ اْلعَلاَّمَةُ عَلَى إِدْخَالِ اْلبُجَارِيِّ فِيْ الشَّافِعِيَّةِ بِذِكْرِهِ فِي طَبَقَاتِهِمْ. (الإنصاف في بيان أسباب الاختلاف)

“Termasuk kelompok ini (pengikut madzhab syafi’i) adalah muhammad bin isma’il al-bukhari. Sesungguhnya beliau termasuk salah satu kelompok pengikut imam Syafi’i. Di antara ulama yang mengatakan bahwa imam Bukhari termasuk kelompok syafi’iyah adalah Syaikh Tajuddin al-Subki. Beliau mengatakan “Imam Bukhari itu belajar agama pada al-Humaidi, sedangkan al-Humaidi sendiri belajar agama kepada Imam Syafi’i. Beliau juga berdalil tentang masuknya Imam Bukhari dalam kelompok syafi’iyah, sebab Imam Bukhari telah disebut dalam kitab Thabaqat Syafi’iyah. (Al-Inshaf fi Bayani Asbab al-Ikhtilaf,76)

Keterangan yang sama diungkapkan oleh Syaikh Musthafa Muhammad Imarah:

وَتَفَقَّهَ (اَلْبُجَارِيُّ) عَلَى مَذْهَبِ اْلإِمَامِ الشَّافِعِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ.(جواهر البجاري, 10)

“Dan Imam Bukhori itu belajar(mengikuti) madzab syafi’i RA.” (Jawahir al-Bukhari,10)

(Baca juga: Hujjah Aswaja : Al-Barzanji Pengarang Sholawat Al-Barzanji)

Apabila dianalogikan pada keahlian, maka Imam Bukhari diibaratkan pakar bahan buku, tetapi pengolahannya tetap mengikuti teori Imam Syafi’i RA. Imam Syafi’i RA, di samping ahli ”bahan buku”, beliau juga ahli mengolah “bahan buku” tersebut. Maka tidak heran apabila beliau menghasilkan produk hukum yang diikuti oleh umat Islam, termasuk juga pakar Hadist.

Sumber: KH Muhyiddin Abdusshomad. 2010. Fiqih Tradisionalis. Surabaya: Khalista.

Related Post