Azizah, Qoriah Sejuta Prestasi, Juara Nasional di Universitas Brawijaya Malang

Azizah, Qoriah Sejuta Prestasi, Juara Nasional di Universitas Brawijaya Malang

Pesantren Nuris – Lagi-lagi Azizatun Nurul Afifah, siswa kelas XII PK B MA Unggulan Nuris, menembus kejuaraan MTQ tingkat Nasional di UB (Universitas Brawijaya) Malang (20/10/2017). Dalam gelaran Gebyar Brawijaya Qurani IV (GBQ) 2017 ini, siswa dengan sejuta prestasi bidang MTQ tersebut menyisihkan ratusan peserta dari babak penyisihan hingga final.

Lomba MTQ tingkat nasional untuk siswa SMA sederajat ini diikuti qoriah terbaik dari berbagai wilayah Indonesia. Mulai dari daerah Aceh, Kalimantan, Sulawesi, bahkan hingga dari Nusa Tenggara Timur.

(baca juga: Azizah Juara MTQ Nasional lagi, Siswi Kebanggaan MA Unggulan Nuris)

Model seleksi MTQ GBQ IV 2017 juga terbilang ketat, sebab hanya siswa yang terpilih secara administratif dan pernah mencatat prestasi minimal 3 besar kabupaten yang diperkenankan mendaftar. Beruntungnya, Azizah yang telah mencetak puluhan prestasi sejak kelas X hingga kini kelas XII PK B MA Unggulan Nuris, membuat dia lolos otomatis.

Azizah, anak bungsu dari tiga saudara tersebut, telah mencatatkan 15 prestasi MTQ kabupaten. Bahkan, kini dia tak lagi diperkenankan mengikuti lomba tingkat Kabupaten Jember. Ada 5 piala MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur yang pernah diraihnya di ITN (Institut Teknologi Nasional) Malang, UNISMA (Universitas Islam Malang), UM (Universitas Muhammadiyah) Jember dan lain-lain.

Selain itu, gadis mungil asal Dusun Sukorejo, Sumbersari, Jember ini menorehkan 3 piala MTQ tingkat se-Jawa Timur dan Bali serta 2 piala MTQ nasional. Yang terbaru kini, Azizah, juga meraih juara 3 tingkat nasional MTQ di UB Malang.

(baca juga: Santri Kebanggaan Kota Jember, Izza Nur Layla Raih Santri of The Year 2017)

MTQ Nasional GBQ IV 2017 UB direalisasikan dengan 2 babak yakni, penyisihan dan final. Di babak penyisihan, Azizah membaca makro’ Al Maidah QS. 109, yang diambilnya sehari sebelum lomba. Dia lolos ke babak final, menjadi 6 besar di peringkat pertama dari 106 peserta nasional.

Di babak final, makro’nya diambil 30 menit sebelum babak final pada hari Ahad, 22 Oktober 2017. Durasi yang sempit itu, Azizah memantapkan lagu, dan membawakannya di urutan pertama hingga harus puas menjadi juara ketiga. Juara lainnya dari SMAN 2 Tanggul, Shabrina Naulal H. (juara 1),  MA Riyadhotut Tholabah, Mahsunatul Afidah (juara 2), MA Al Maarif Singosari, Balqis Alfiani A. (harapan 1), dan MAN 2 Model Banjarmasin, Okta Fariha (harapan 2).

“Tetap bersyukur meski agak gregetan, sebab saya sempat di atas angin karena peringkat pertama di babak penyisihan. Cuaca dan kondisi lomba yang panjang sehingga saya agak kurang fit ketika tampil di final. Sempat batuk ketika lomba berjalan.” Ungkap Azizah.

“Bayangkan kami berangkat dari Jember hari Kamis, tanggal 19 Oktober 2017 malam sampai Jumat dini hari di Malang. Karena informasinya lomba dimulai Jumatnya. Ternyata tampil Sabtu, dan finalnya hari Ahad. Ya, syukuri saja, semoga ke depan saya terus mampu meningkatkan potensi saya. Mohon sambung doanya ya.” Tambahnya.[AF.Red]

 

 

Related Post