Juarai Lomba Pidato, Hingga Tampil Sebagai Aktor Teater

Pesantren Nuris – Lagi-lagi santri Pesantren Nuris Jember juarai lomba pidato. Kali ini, dua santri Pesantren Nuris Jember asal SMA dan MA Unggulan Nuris berhasil juarai lomba pidato Bung Tomo yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional yang sejatinya jatuh pada tanggal 10 November 2017.

Bramansyah Dicky (XII IPA 2) asal SMA Nuris Jember berhasil sabet juara 2 dan M.  Ilyas (XII IPA) asal MA Unggulan Nuris Jember berhasil raih juara 3. Hebatnya lomba tersebut, tidak hanya untuk tingkat SMA sederajat se-Jember, melainkan tingkat umum. Artinya lawan yang dihadapi oleh dua santri tersebut tidak hanya siswa tetapi juga masyarakat umum yang  usianya bisa jadi jauh di atas mereka.

Sebagai apresiasi, Bramansyah sebagai juara 2 dapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp. 500.000 dan M. Ilyas sebagai juara 3 dapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp. 250.000. Selain itu, sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan tersebut, keduanya dilibatkan dalam pertunjukkan teater  kolosal bersama dengan Klab Teater Kaleng dan Klab Teater SMK Negeri 1 Jember di RRI Jember dan Alun-alun Jember.

Naskah yang ditampilkan adalah Perjuanagan Arek-Arek Suroboyo. Istimewanya lagi, dalam pertunjukkan teater tersebut, Bramansyah berperan sebagai Bung Tomo. Bramansyah mampu berorasi seperti Bung Tomo. Hanya butuh waktu dua hari saja untuk mempersiapkan pertunjukkan heroik tersebut.

“Ini adalah hal bersejarah dalam hidup saya dan tidak bisa saya lupakan. Sebab berperan sebagai Bung Tomo bukanlah hal yang mudah,” ungkap Bramansyah.

Di babak penyisihan, Nuris mengirimkan 10 wakilnya. Nuris meloloskan 5 santrinya untuk tampil ke babak final. Kelima santri tersebut adalah Bramansyah (XII IPA2), M. Ilyas  (XII IPA), M.Ikhlas (XII PK A MA Unggulan Nuris), Nabil (VII MTs Unggulan Nuris), dan Lu’lua Salsabila (XI IPS SMA Nuris Jember).

Babak final dilaksanakan di RRI Jember yang disiarkan secara langsung (6/11/2017). Berdasarkan babak final, juara 1 diraih oleh M. Syaiful Ramadhan mahasiswa asal IAIN Jember dan Guru di SD Alfurqan, juara 2 diraih oleh Bramansyah, dan juara 3 diraih oleh M. Ilyas. Selain itu, juga dinobatkan juara favorit yaitu Kadek asal SMAN 4 Jember.

Pencapaian ini, tidak akan bisa mereka capai tanpa adanya kerja keras. Selama empat hari keduanya bekerja keras berlatih untuk mempersiapkan lomba tersebut. “Alhamdulilah kerja keras yang saya lakukan selama kurang lebih empat hari tidak sia-sia. Di saat saya sudah kelas XII, saya berhasil kumpulkan banyak sertifikat sebagai pertimbangan masuk perguruan tinggi,” ungkap Ilyas.

(Baca juga: Gaya Orasi Bung Karno Ala Santri Nuris Juarai Lomba Pidato Tingkat Kabupaten Jember)

Baik Bramansyah maupun M.Ilyas merupakan siswa berprestasi, sudah banyak prestasi yang berhasil mereka kantongi. Bramansyah pernah menjuarai lomba menulis cerpen tingkat nasional dan M.Ilyas terkenal sebagai siswa yang jago pidato karena sering menjuarai beberapa lomba pidato, tidak hanya itu dia juga pernah juara harapan 2 Olimpiade Bahasa Indonesia SMA sederajat  se-Jatim. (Red/Yuv)

 

 

 

Related Post