Hari Pahlawan Nasional dalam Bingkai Kreativitas MA Unggulan Nuris

Pesantren Nuris – MA Unggulan Nuris gelar pertunjukkan teater kolosal dan kreasi kreatif guna peringatai Hari Pahlawan Nasional (11/10/2017). Pertunjukkan teater kolosal tersebut tidak hanya sekedar sebagai pertunjukkan belaka, tetapi juga dilombakan untuk menambah semangat siswa. Pergelaran tersebut berlangsung meriah di halaman MA Unggulan Nuris Jember.

Peserta lomba teater kolosal MA Unggulan Nuris Jember tersebut adalah masing-masing angkatan, yang terdiri dari siswa kelas X, XI, dan XII. Tidak hanya pertunjukkan teater kolosal saja, lomba menyanyi secara berkelompok lagu tradisional pun juga digelar MA Unggulan Nuris dalam rangka peringati Hari Pahlawan Nasional.

Sama halnya dengan lomba teater kolosal, lomba menyanyi lagu tradisional secara berkelompok juga terdiri dari tiga peserta yaitu siswa kelas X, XI, dan XII. Tema pertunjukkan teater kolosal adalah mengenang perjuangan Bung Tomo. Sedangkan untuk lomba menyanyi tradisional, lagu-lagu yang dibawakan adalah lagu-lagu tradisional yang dimodifikasi.

Guna berikan penilaian untuk dua lomba yang digelar MA Unggulan Nuris tersebut, OSIM MA Unggulan Nuris 2016/2017 datangkan tiga juri profesional, di antaranya Latifa Muzayana yang juga waka kurikulum MA Unggulan Nuris, Evi Rahmawati salah satu guru matematika dan staff Kurikulum MTs Unggulan Nuris juga pembina Paduan Suara Nuris, serta Ustazah Alivia yang merupakan alumni MA Unggulan Nuris dan juga mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jember, peraih juara 2 Baca Puisi Tingkat Mahasiswa se-Jatim.

Banyak hal yang menjadi aspek penilaian, di antaranya kekompakan, kekreatifan, dan keserasian. Ketiganya diakumulasikan kemudian dibagi tiga. Siswa kelas XII tampil sebagai pemenang dalam dua ajang pertunjukkan tersebut, baik pertunjukkan teater kolosal maupun lomba menyanyi tradisional.

Juri pun terkesima melihat penampilan mereka. Masing-masing siswa bisa menjalankan perannya dengan baik. “Saya salut dengan keterampilan berperan siswa, bahkan saya tidak menyangka anak-anak bisa berperan sebaik itu mengingat waktu latihan yang cukup singkat, “ ungkap bu Latifa selaku waka kurikulum MA Unggulan Nuris.

(Baca juga: SMA Nuris Jember Peringati Hari Pahlawan Nasional dengan Drama Kolosal)

Menyaksikan pertunjukkan tersebut, seluruh santri MA Unggulan Nuris terlihat begitu antusias. Bahkan, gemuruh suara tepuk tangan terlihat meriah. Diadakannya lomba tersebut, tidak lepas dari campur tangan anggota OSIM masa bakti 2017/2018. Program-progam OSIM MA Unggulan Nuris masa bakti 2017/2018 benar-benar luar biasa. Banyak acara digelar untuk memperingati hari-hari nasional. (Red/Yuv)

Related Post