Ketua HMPS, Rajin Berkarya, Alumni Nuris Juara Esay Nasional di Malang

Ketua HMPS, Rajin Berkarya, Alumni Nuris Juara KTI Nasional di Malang

Pesantren Nuris – Cholis Rosyidatul Husnah, Alumni MA Unggulan Nuris, memberikan kebanggaan kepada almamater sekaligus Pesantren Nuris Jember. Pasalnya, mahasiswa IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Jember, Fakultas Syariah, Program Studi Ahwalus Syakhsiyyah menembus kejuaraan Esay tingkat nasional di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) (21/10/2017).

Di ajang bertajuk GPHS (Gebyar Pekan Hukum Syariah) 2017 tersebut, dara kelahiran Jember,  04 April 1997 raih juara 3 Esay Hukum Nasional. Peraih lainnya pada lomba ini yakni, juara 1 dari Universitas Muhammadiyah Malang, dan juara 2 dari UIN Maliki Malang.

(baca juga: Lulus Pascasarjana di IPB Bogor dengan Beasiswa, Alumni Nuris Ini Sangat Inspiratif)

Gadis beralamat di  Tamansari, Wuluhan, Jember, mengerjakan esai bertema hukum nasional ini tidak sendirian. Dia mengerjakannya bersama Istiqomah Fadlillah, mahasiswa IAIN Jember, Program Studi Hukum Tatanegara. Tidak butuh waktu lama, hanya 3 hari selesai. Lalu mereka kirim secara online. Hingga diundang seminar nasional dan pengumuman lomba tersebut.

“Di tengah kesibukan sebagai Ketua Umum HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi), saya dan rekan saya tidak mau menjadikannya alasan untuk tidak berkarya. Sebisa mungkin, saya khususnya harus meluangkan senggang waktu untuk menulis.” Ungkap Cholis, sapaan akrabnya.

“Ketika pengumuman, kami senang sekali mampu memberikan sebuah prestasi kepada almamater, terutama orang tua. Berkat proses kami di organisasi, tak menyurutkan semangat berkarya.”

Namun ada hal yang terus membenak dalam dirinya, “Beban organisasi dan tuntutan sebagai mahasiswa yang melaksanakan Tri Dharma, kata dosen saya, prestasi ini tidak berarti apa-apa dan bukan final. Teruslah berjuang untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik.” Tukasnya.

(baca juga: Santri Kebanggaan Kota Jember, Izza Nur Layla Raih Santri of The Year 2017)

Ternyata, mahasiswa cerdas dan leadership ini tidak hanya sekadar aktivis sehingga dapat menjabat Ketua Umum HMPS di kampus ternama tersebut. Dia juga relatif konsisten menulis, cukup banyak karyanya sebelum menjuarai ajang GPHS ini.

Bahkan, beberapa tempo lalu di tahun 2017 ini, dia juga masuk dalam 10 penulis artikel terbaik tingkat nasional di Yogyakarta. Ada lagi yakni, juara 2 MK2Q Porseni IAIN Jember 2015, dan lolos Riset Kolektif Mahasiswa oleh LP2M IAIN Jember. Dan yang terbaru, esay berjudul “Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila menuju Welfare State” memukau dewan juri dan juara 3 nasional.

Karya-karya dia yang sudah terpublikasi juga cukup banyak seperti, “Relasi Fisika dalam Alquran”, “Menangkal Infiltrasi Faham Radikalisme melalui Pelarangan  Cadar di Kampus IAIN Jember”, dan “Presepsi Kyai Pesantren Silo terhadap Tambang Emas di Silo Jember”.[AF.Red]

 

 

 

Related Post