OSS Serentak Evaluasi Potensi Sains Siswa

Pesantren Nuris- Ekstrakurikuler Sains Nuris Jember adakan OSS (Olimpiade Sains Sekolah) guna evaluasi  kemampuan siswa yang tergabung dalam Madrasah Sains (M-Sains) selama tiga bulan terakhir. OSS tersebut dilaksanakan selama tiga hari (9-11/11/17) mulai dari 15.30-17.00 WIB.

OSS (Olimpiade Sains Sekolah) diwajibkan bagi semua anggota M-Sains Nuris Jember sesuai dengan M-Sains pilihan mereka masing-masing. Dalam OSS (Olimpiade Sains Sekolah) tersebut,anggota M-Sains Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi akan dihadapkan pada soal-soal olimpiade.

Berbeda dengan anggota M-Sains Karya Ilmiyah Remaja yang meliputi lima bidang  di antaranya KTI Sosial Budaya,  Ekonomi,Kesehatan dan Biokimia, mereka akan diberi tugas untuk menyusun abstrak. Lain pula dengan M-Sains Robotika yang harus praktik merangkai komponen.

Hebatnya, OSS (Olimpiade Sains Sekolah) menjadi olimpiade tahunan yang digelar oleh M-Sains Nuris Jember. Hal tersebut menunjukkan dedikasi Pesantren Nuris Jember untuk menciptakan siswa yang ahli di bidang sains. Selain itu, program tersebut dilaksanakan untuk melatih siswa dalam menghadapi soal-soal olimpiade nasional.

“Saya berharap dengan adanya OSS (Olimpiade Sains Sekolah) ini, dapat dijadikan sebagai bahan analisis kemampuan siswa yag tergabung dalam M-Sains. Selain itu, semoga M-Sains Nuris semakin mengukir banyak prestasi lagi,” pungkas Desi Maya Fitriyah kepala ekstrakurikuler Sains Nuris Jember.

OSS (Olimpiade Sains Sekolah) tidak serta merta dilaksanakan, sebelumnya anggota M-Sains harus mengikuti simulasi. Simulasi semacam Try Out untuk melatih siswa sebelum menghadapi OSS tersebut. Simulasi SMP dan MTs Unggulan Nuris dilaksanakan pada hari Kamis, 9 November 2017.

(Baca juga: Peringati World Space Week, MSains Astronomi Observasi Sunspot)

Selama ini, siswa yang tergabung dalam M-Sains Nuris Jember sudah mengukir banyak prestasi. Baru-baru ini siswa SMA Nuris Jember berhasil juarai lomba robotika line follower, akutansi, dan biologi tingkat nasional. (Red/Alfin)

 

Related Post