Pilkatos SMP Nuris Jember Berbasis IPTEK dan IMTAQ

Pesantren Nuris- Seputar Pilkatos (Pilihan Ketua OSIS) masa bakti 2017/2018 belum usai. Kini SMP Nuris gelar Pilkatos pada Selasa, 24 Oktober 2017 lalu . Acara tersebut berlangsung lancar di masjid Baitun Nur.  Dalam pemilu raya tersebut, Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu guru serta karyawan diwajibkan untuk gunakan hak pilihnya alias tidak golput.

Sebelum dilaksanakan sesi pencoblosan, masing-masing pasangan kandidat menyampaikan visi dan misinya secara bergantian. Kemudian ada sesi Tanya jawab berkaitan dengan visi dan misi yang disampaikannya.

Dua pasang kandidat OSIS putri adalah Lia Afifatur Rofiah (VIII D) dan Fatmi Tri Purnama (VIII D) sebagai pasangan dengan nomor urut 1. Kandidat dengan nomor urut 2 adalah Cindy Eka Wati (VIII C) dan Leona Abhitah Fajar Pastika (VII C).

Sedangkan kandidat OSIS putra adalah Iqbal Hafiz (VIII B) dan M.Rayhan Akbar Riyanto (VIII G) sebagai kandidat dengan nomor urut 1. Kandidat dengan nomor urut 2 adalah Fimasruri Abdillah dan Faozi Wardana.

Berdasarkan hasil pemilihan, Iqbal Hafis (VIII B) dan M. Rayhan Akbar Riyanto (VIII C) sebagai pasangan dengan nomor urut satu berhasil terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS 2017/2018 dengan 101 suara dan kalahkan pasangan nomor urut 2 dengan 97 suara.

Sedangkan, untuk OSIS 2017/2018  putri pasangan dengan nomor urut 2 Putri Cindi Ekawati (VIII C) dan Leona Abitha Fajar (VII C) dengan 101 suara kalahkan pasangan nomor  urut 1 dengan 51 suara.

Siswa putra wajib memberikan suaranya untuk kandidat putra dan siswa putri wajib memberikan untuk memberikan suaranya untuk kandidat putri. Sistem tersebut tidak dijumpai di lembaga-lembaga lainnya.

Hebatnya lagi, tidak semua siswa bisa menyalonkan diri sebagai ketua dan wakil ketua OSIS 2017/2018. Sebab ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya lancar dalam membaa Alquran, tidak pernah terlibat kasus pelanggaran baik di pondok maupun sekolah, serta aktif, kreatif, dan inovatif. Selain itu, mereka juga mengikuti seleksi dari senior melalui tes wawancara.

Pertanyaan wawancara di antaranya visi dan misi, keinginan jika sudah menjabat sebagai ketua dan wakil ketua OSIS 2017, program kerja, dan cara mengatasi anak yang kurang mematuhi peraturan sekolah.

(Baca juga: Demokrasi dalam Pilkatos MTs Unggulan Nuris)

“Saya berharap ketua dan wakil ketua OSIS masa bakti 2017/2018 bisa bertugas dengan baik. Menciptakan program-program kerja yang lebih waw lagi demi kemajuan SMP Nuris Jember. Semoga SMP Nuris Jember semakin maju dengan segudang prestasinya,” tutur Suharto selaku waka kesiswaan SMP Nuris Jember. (Red/Alfi/Aura)

Related Post