Demokrasi dalam Pilkatos MTs Unggulan Nuris

Pesantren Nuris– MTs Unggulan Nuris gelar Pilkatos (Pemilihan Ketua Osim) masa jabatan 2017/2018 pada Senin, 23 Oktober 2017 lalu di masjid Baitun Nur. Seluruh santri MTs Unggulan Nuris terlihat gunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin yang menurut mereka baik. Terdapat beberapa pasangan kandidat yang mencalonkan diri sebagai ketua dan wakil ketua OSIM.

Untuk OSIM Putra terdapat tiga pasang kandidat di antaranya Rajif Jumdi (VIII B) dan Taufikut Rohman (VIIIB) sebagai pasangan dengan nomor urut 1. M. Fayadul Maula (VIII C) dan Diva Riski Mashara (VIII C) sebagai kandidat dengan nomor urut 2, dan sebagai pasangan dengan nomor urut 3 adalah Risqon Afif Falahi (VIII E) dan M. Hiro Fani (VIII B).

Untuk OSIM Putri juga terdapat tiga pasang kandidat yang mencalonkan, di antaranya Kamilatus Sholehah (VIII G) dan Choula Afifah (VIII G) sebagai pasangan dengan nomor urut 1. Ashila Nabil Sabrina (VIII G) dan Farah Nadya M (VIII E) sebagai pasangan dengan nomor urut 2. Pasangan dengan nomor urut 3 adalah Tiara Kuruma Wardani (VIII F) dab Wardati Nur Aini (VIII F).

Sebelum acara pencoblosan dimulai, masin-masing kandidat menyampaikan visi dan misinya kepada seluruh santri MTs Unggulan Nuris. Kemudian masing-masing santri diberi kesempatan untuk memilih pemimpinnya dengan mencoblos calon ketua dan wakil ketua OSIM yang menurut mereka baik dalam memimpin. Santri putra mencoblos kandidat putra dan Santri putri mencoblos kandidat putra.

Tidak hanya santri saja yang menggunakan hak suaranya, tetapi kepala Madrasah, seluruh Bapak dan Ibu guru serta karyawan juga turut menggunakan hak pilihnya. Berdasarkan hasil pemilihan, terpilih pasangan dengan nomor urut 2 yaitu M.Fayadul Maula (VIII C) dan Diva Riski M (VIII C) sebagai ketua dan wakil ketua OSIM Putra 2017/2018. Pasangan tersebut berhasil kantongi 87 suara mengalahkan pasangan nomor urut 1 dengan 53 suara.

Selanjutnya untuk OSIM Putri terpilih pasangan dengan nomor urut 1 yaitu Kamilatus Chaula Afifah asal kelas VIII G MTs Unggulan Nuris sebagai ketua dan wakil ketua OSIM Putri 2017/2018. Pasangan tersebut berhasil kantongi 160 suara setelah mengalahkan pasangan nomor urut 2 dengan 70 suara.

Sistem penyoblosan MTs Unggulan Nuris dilakukan dengan santri putra wajib menyoblos kandidat putra dan santri putri wajib menyoblos kandidat putra.

(Baca juga: Pilkatos SMA Nuris Jember: Bukan Janji Tapi Bukti)

“Semoga kami bisa menjadi pemimpin yang amanah. Bisa menjalankan tugas dengan baik dengan tetap mengayomi seluruh teman-teman MTs Unggulan Nuris. Terima kasih atas kepercayaan yang sudah diberikan kpada saya.” Ujar M.Fayadul Maula (VIII C) dan Diva Riski M (VIII C) ketua dan wakil ketua OSIM putra 2016/2017 MTs Unggulan Nuris. (Red/AYU/AURA)

Related Post