Hari Juang Kartika, Reboisasi Tanaman Buah di Pesantren Nuris Jember

Hari Juang Kartika, Reboisasi Tanaman Buah di Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris – Suhariyono (Komandan Rayon Militer), mewakili Kepala Komando Distrik Militer (Kodim) 0824 Kabupaten Jember, pimpin reboisasi tanaman buah di Pesantren Nuris Jember, Jumat kemarin (08/12/2017). Bertepatan dengan Hari Juang Kartika, kegiatan kebaktian ini merupakan wujud dedikasi TNI (Tentara Nasional Indonesia) dalam melestarikan lingkungan.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 07.30 WIB disertai pula oleh perwakilan dari 30 Koramil (Komando Rayon Militer) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa). Syaikhul Ma’had Pesantren Nuris Jember, KH. Muhyidin Abdusshomad, membuka dan memberi sambutan pertama dalam seremonial pembuka kegiatan ini.

(baca juga: Nurhadi Suseno: Santri Nuris Citra Remaja Anti Narkoba)

“Terima kasih kepada Bapak Suhariyono, selaku Dandim Kabupaten Jember yang telah sudi menyelenggarakan reboisasi atau penghijauan di kawasan Pesantren Nuris Jember. Semoga membawa manfaat baik bagi Nuris terlebih lingkungan sekitar pesantren.” Tegas Ayahanda Pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi ini.

“Penghijauan ini sangat penting dan besar manfaatnya. Sebagai salah satu ikhtiar mewariskan kebaikan di masa depan. Baik manfaat sebagai peningkatan kesejahteraan karena kelak buahnya dapat dipetik, selain itu juga dapat mencegah bencana.”

Begitu pula pernyataan dari Suhariyono sebelum memulai kegiatan penghijauan tersebut. “Benar sekali dawuh Kyai, kegiatan ini banyak manfaatnya. Saya juga melihat antusias santri Pesantren Nuris Jember juga luar biasa. Insya Allah ada 500 bibit tanaman berbuah seperti durian, sirsak, nangka dan lain-lain.”

(baca juga: Nuris Semakin Modern Bersama LKD, Bye Transaksi Tunai)

Lokal yang disasar untuk penanaman pohon berbuah ini di sekitar Gumuk Geddhu yang berada tepat di belakang gedung pesantren. Selain itu juga di dekat lahan sawahan paling belakang kelas pesantren. Sebelum reboisasi ini diekskusi, Kamis (07/12/2017) perwakilan dari Kodim menyurvei lokasi dan membersihkan lahan yang akan ditanami.

Reboisasi dalam rangka Hari Juang Kartika yang sebenarnya diperingati tiap tanggal 15 Desember ini direalisasikan atas kerja sama Kodim 0824 dengan Humas Pesantren Nuris Jember.

”Alhamdulillah kegiatan tadi berjalan lancar. Santri dan segenap guru terlibat dengan antusias. Semoga banyak memberi manfaat dan barokah. Terutama upaya Pesantren Nuris Jember bekerja sama dengan Kodim ini dalam menyelamatkan Gumuk Geddhu sebagai benteng pencegah bencana angin puting beliung.”

“Insya Allah kerja sama pesantren dan aparat negara akan terus terjalin di berabagi aspek. Selain misi sebagai jaringan silaturrahmi dan juga kerja sama yang bermanfaat lainnya.” Ungkap Imaroch Ditro, wakasek Humas SMA Nuris Jember, mewakili Humas lembaga lainnya.[AF.Red]

Related Post