Juara MQK se-Provinsi Jawa Timur, Siswa MA Unggulan Nuris Bersaing dengan Santri Salaf di Ponpes Nurul Jadid

Juara MQK se-Provinsi Jawa Timur, Siswa MA Unggulan Nuris Bersaing dengan Santri Salaf di Ponpes Nurul Jadid

 Pesantren Nuris – Ahmad Fauzan, siswa kelas XII PK A MA Unggulan Nuris, torehkan prestasi gemilang di awal Februari ini. Dia berhasil menyisihkan 30 peserta dari berbagai madrasah bahkan pesantren salaf lainnya dalam Lomba MQK (Musabaqoh Qiroatil Kutub) tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan oleh BEMs (Badan Ekskutif Mahasantri) Ma’had Aly Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo (01/02/2018).

Raihan tropi, sertifikat juara ketiga, dan uang pembinaan sebesar Rp500.000, 000 jadi milik siswa cerdas yang juga pernah meraih juara Olimpiade Bahasa Arab tingkat nasonal tersebut. Berkat pengalaman dan ketekunannya dalam belajar Kitab Kuning (imrithi, jurumiyah, taqrib, fathul qorib, tafsir munir, fathul muin) dan bahasa Arab membuat Fauzan langganan juara baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Ajang bertajuk Bedah Kitab Bustanul Azaim yang diadakan di Pesantren Nurul Jadid ini pertama kali diikuti oleh santri Pesantren Nuris Jember. Pasalnya, salah satu pesantren terkemuka di Jawa Timur ini pasti menjadi daya tarik, dan banyak santri atau siswa jenius berpartisipasi dalam lomba tersebut. Apalagi persyaratan keikutsertaan lomba ini bukan sekadar madrasah, melainkan santri yang berusia dalam rentang 17 tahun hingga 19 tahun.

(baca juga: Ahmad Fauzan, Juara 2 Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional di Jakarta)

Meskipun persyaratan lomba tampak berat dan memberi peluang santri dari pesantren salaf ikut-serta, Ahmad Fauzan tetap bertekad ikut bersaing hingga akhirnya merebut juara ketiga. Juara pertama dan kedua dalam cabang lomba MQK tersebut diraih oleh satri asal Pesantren Bata-Bata, Madura.

“Tidak ada resep spesial saya dalam belajar, yang penting mencintai apa yang kita lakukan insya Allah akan ada hasil dan kepuasannya. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua guru, dewa asatid dan asatidah yang telah telaten mendidik saya hingga juara berbagai lomba MQK, Fathul Qorib ini.” Kata Fauzan.

(baca juga: Ahmad Fauzan Sukses Bawa Nuris rebut Juara Satu Lomba Baca Kitab Tingkat Provinsi)

“Alhamdulillah, meski banyak santri salaf yang ikut, saya masih bisa juara. Di Pesantren Nuris Jember pelajarannya sangat padat. Kita tetap banyak pelajaran umum sama dengan sekolah lainnya, tetapi soal kitab dan Alquran juga banyak pelajarannya. Jadi, selama kita tekun belajar keduanya insya Allah dapat semua dengan baik.”[AF.Red]

foto: Ahmad Fauzan, peraih juara 3 MQK Se-Jatim di Probolinggo

 

Related Post