Kaya dengan Prestasi, SMA Nuris Jember Juarai Matrik Competition Se-Tapal Kuda

Pesantren Nuris – Ekstrakurikuler sains atau Madrasah Sains SMA Nuris Jember semakin kaya dengan prestasinya. Setelah rebut piala provinsi Jatim dalam olimpiade Matematika SNF (Smart and Fast) beberapa waktu lalu, baru-baru ini siswa SMA Nuris Jember dapatkan juara 3 dalam ajang Matriks Competition se-Tapal Kuda di IAIN Jember.

Si jago matematika SMA Nuris Jember tersebut adalah Siti Fatimatuzahro. Kemampuannya di bidang Matematika tidak dapat diragukan lagi. Terbukti dia bisa bersaing  dengan siswa lainnya asal SMA sederajat se-Tapal Kuda. Dia berhasil dapatkan juara 3, dua tingkat di bawah Praditya asal SMA Negeri 1 Genteng sebagai juara 1, Laylul Mahbub asal MAN 2 Jember sebagai juara 2.  Dia berada dua tingkat di atas MA Unggulan Nuris, yakni Nur Layli sebagai juara harapan 1 dan Rizqo Alfiani sebagai juara harapan 2.

Lomba ini dilaksanakan selama dua hari. Babak final dan semifinal dilaksanakan pada Sabtu, 17 Februari 2017. Sedangkan babak final dilaksanakan pada Minggu, 18 Februari 2018.Di babak penyisihan Fatim harus bersaing dengan 120 siswa SMA sederajat lainnya dari beberapa daerah se-Tapal Kuda dengan mengerjakan 40 soal. Dari 120 peserta tersebut diambil 20 peserta terbaik untuk berlanjut ke babak semifinal dengan kembali mengerjakan soal.

Diambil lima peserta terbaik untuk berlanjut ke babak final, termasuk Siti Fatimatuzahro. Babak final dibagi ke dalam dua babak, babak pertama mengerjakan soal dengan model mengambil undian. Sedangkan di babak kedua berbentuk cerdas cermat.

“Alhamdulilah saya tidak menyangka bisa mendapatkan juara 3 dalam ajang Matriks Competition ini. Selain itu, hal yang membuat saya semakin berkesan adalah bisa membanggakan nama SMA Nuris Jember. Saya sudah kelas XII, saya berharap adik-adik kelas saya semakin berprestasi lebih dari saya dan mengharumkan nama SMA Nuris Jember, “ kata Fatim.

Fatim memang terkenal sebagai siswa yang pandai Matematika bahkan, dia mendapat julukan ratunya Matematika. Terbukti dengan prestasi-prestasinya sebelumnya di antaranya juara 1 olimpiade Matematika SNF tingkat JawaTimur, juara 1 lomba cerdas cermat se-Jawa Bali, dan lain-lain.

(baca juga : Tim Matematika Nuris Juara 1 se-Jawa Bali di Universitas Muhammadiyah Jember)

“Bangga sekali dengan capaian salah satu siswa kami. Dia memang benar-benar cerdas dan memiliki semangat belajar yang tinggi. Saya berharap ada generasi Fatim berikutnya dan mengharumkan SMA Nuris Jember,”tutur Gus Robith Qoshidi Lc, kepala SMA Nuris Jember. (Red/Yuv)

 

Related Post