Mahir Kitab Fathul Qorib, Dua Siswa MA Unggulan Nuris Ini Juara Matematika Se-Eks Keresidenan Besuki

Pesantren Nuris – Lagi-lagi MA Unggulan Nuris banjir dengan prestasi. Kali ini, prestasi MA Unggulan Nuris datang dari Madrasah Sains (M-Sains) Matematika. Dua siswa MA Unggulan Nuris juarai lomba Matriks Competition tingkat SMA sederajat se-Eks Kerisidenan Besuki. Lomba tersebut digelar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember (18/02/2018).

Nur Layli dan Rizqa Alfiani mengharumkan nama MA Unggulan Nuris melalui kemampuannya di bidang Matematika. Sebab, Nur Layli berhasil dapatkan juara harapan 1 dan Rizqo Alfiani dapatkan juara harapan 2. Walapun santri, mereka juga memiliki kemampuan sains yang luar biasa. Terbukti dia bisa bersaing dengan ratusan peserta lain dari sekolah lain se-Eks Kerisidenan Besuki.

Sekitar 120 peserta berhasil dikalahkannya. Di babak penyisihan, mereka berhasil menjadi 20 peserta terbaik setelah mengerjakan 40 soal. Kemudian, mereka berhasil menjadi 5 peserta terbaik di babak semifinal dan berlanjut ke babak final. Perlombaan yang berlangsung selama dua hari ini begitu sengit dan kompetitif.

Setelah lolos babak penyisihan di hari pertama (17/02/2018), di hari kedua terdapat dua tahap yang harus diikuti di babak final di antaranya undian soal dan cerdas cermat. Pertama mereka disuruh untuk mengambil undian yang berisikan dan mengerjakannya. Sedangkan di tahap kedua mereka adu cepat mengerjakan soal matematika.

(baca juga : Arini Dina Yasmin, Siswa Kebanggaan MA Unggulan Nuris, Rebut Juara MHQ 3 Juz Se-Jawa Timur)

Dua siswa berprestasi MA Unggulan Nuris tersebut, tergabung dalam Madrasah Sains (M-Sains) bidang Matematika. Di M-Sains kemampuan mereka dalam matematika benar-benar diasah. Sebelum lomba keduanya dikarantina intensif selama kurang lebih seminggu bersama tentor profesional.

“Bangga sekali dengan prestasi ini. Kami senang sekali bergabung dengan M-Sains bidang Matematika. Sebab kemampuan kami di bidang Matematika benar-benar dapat diolah dengan baik hingga kami bisa meraih juara dan membanggakan MA Unggulan Nuris, “ tutur Nur Layli dan Rizqa.

(baca juga : Juara MQK se-Provinsi Jawa Timur, Siswa MA Unggulan Nuris Bersaing dengan Santri Salaf di Ponpes Nurul Jadid)

Prestasi baru MA Unggulan Nuris ini menunjukkan bahwa madrasah tersebut tidak hanya pandai di bidang keagamaan melainkan di banyak bidang di antaranya literasi, sains, keterampilan, dan lain-lain. “Alhamdulilah bangga sekali dengan prestasi siswa MA Unggulan Nuris semakin melalang buana. Siswa kami mahir di berbagai bidang mulai dari keagamaan, jurnalistik, hingga sains. Semoga prestasi MA Unggulan Nuris semakin berlimpah, “tutur Ning Balqis Al-Humairo kepala MA Unggulan Nuris Jember. (Red/Yuv)

Gambar pemenang Matriks Competition 2018

Related Post