Santri Pesantren Nuris Jember Udarakan Syair Kepahlawanan Sroedji dan Soebandi di RRI Pro 2

Santri Pesantren Nuris Jember Udarakan Syair Kepahlawanan Sroedji dan Soebandi di RRI Pro 2

Pesantren Nuris – Memperingati perjuangan pahlawan asal Jember, Letkol Moh. Sroedji dan dr. Soebandi, Santri Pesantren Nuris Jember mendapat kesempatan membacakan puisi ciptaannya di RRI (Radio Republik Indonesia) Pro 2 pada hari Sabtu, 10 Februari 2018.

Acara bertajuk Menapaktilas Perjuangan Pahlawan Jember, Letkol Moh. Sroedji dan dr. Soebandi diinisiasi oleh Kak Redy, selaku koordinator Siaran Anak Muda RRI Jember, mengundang santri di Pesantren Nuris Jember untuk menciptakan puisi tentang kepahlawanan Letkol Moh. Sroedji dan dr. Soebandi.

Santri Pesantren Nuris Jember yang ikut meramaikan peringatan pahlawan asal Jember, Letkol Moh. Sroedji dan dr. Soebandi terdapat 5 anak yakni, Arina Makrifatul (SMP Nuris Jember), Oktaviana S. (MTs Unggulan Nuris), Artasya M. (SMK Nuris Jember), Risky Fadjerin (SMA Nuris Jember), dan Sholwatul Aisyah (MA Unggulan Nuris). Mereka turut menyairkan kepahlawan Sroedji dan Soebandi bersama beberapa mahasiswa yang juga diundang oleh RRI Jember seperti Farhan (FKIP Unej), Bela (FIB Unej) dan lain-lain.

(baca juga: Ragam Media Upaya dalam Mengenalkan Situs Duplang Terhadap Dunia)

Kak Redy mengatakan, “Siaran ini memang khusus untuk memperingati perjuangan Letkol Moh. Sroedji dan dr. Soebandi yang meninggal tepat tanggal 08 Februari 1947. Syukur anak-anak yang kami undang siap mengapresiasi. Begini seharusnya anak muda, salurkan bakat dan minat melalui tindakan yang positif bukan yang anarki. Melalui ini semoga beliau segera menjadi pahlawan nasional.”

Puisi-puisi yang dibaca oleh santri Pesantren Nuris Jember berjudul Senandung Para Serdadu oleh Oktavia S., Di mana Ada Surga Seindah Indonesia oleh Risky Fadjerin, Pahlawan, Maafkan Kami oleh Artasya, Pahlawan yang Terlupakan oleh Arina Makrifatul, dan Doa untuk Pahlawan oleh Sholwatul Aisyah.

(baca juga: Expo Produk Karya Santri Nuris, Meriahkan Tes Beasiswa Unggulan Gelombang Dua)

“Kami senang sekali ikut mengapresiasi perjuangan Letkol Moh. Sroedji dan dr. Soebandi melalui puisi dan diundang siaran di RRI Pro 2 Jember. Info ini kami ketahui hari Kamisnya, jadi ada waktu sehari penuh menghayati puisi yang diciptakan guru kami dan membacakannya di radio.” Kata Arina Makrifatul, santri Pesantren Nuris Jember yang juga sekolah di SMP Nuris Jember.

“Bangga sekali ya, apalagi saya memang orang Jember, pahlawan Jember harus diudarakan agar anak muda mau dan mampu meneladani dan meneruskan perjuangannya. Kalau bukan kita orang Jember siapa lagi yang mau mengharumkan nama daerahnya melalui perjuangan pahlawannya. Saya dan teman-teman di Nuris bangga ikut siaran di RRI Jember ini. Terima kasih deh.” Imbuhnya.[AF.Red]

foto bersama penyiar RRI Pro 2 Jember

foto bersama guru pendamping setelah siaran

pembacaan puisi oleh salah satu santri Pesantren Nuris Jember

Related Post