Keluarga Tata Surya

Kita hidup di dunia ini tidak sendirian. Kita dikelilingi oleh keluarga , sahabat, dan orang-orang yang menyayangi kita. Begitu juga yang terjadi pada planet kita. Bumi bukan satu-satunya planet yang ada di semesta ini. Masih banyak planet dan bintang yang tersebar di seluruh alam semesta.

Dalam lingkup yang lebih kecil, planet kita mempunyai 7 planet pendamping dan satu bintang induk. Jika diakumulasikan tata surya kita mempunyai 8 anggota planet dan 1 bintang induk. Delapan anggota planet tersebut terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Selain planet-planet tersebut ada objek yang lebih kecil di tata surya di antaranya asteroid, meteorid, komet, dan satelit planet.

(baca juga: Kunci Utama Menjadi Sukses)

Semua planet dan benda-benda lain di tata surya bergerak secara teratur dengan lintasan orbit tersendiri. Mereka semua berputar mengelilingi matahari dalam periode tertentu inilah yang dinamakan revolusi. Selain pergerakan revolusi tersebut planet-planet memiliki gerak diri yaitu rotasi. Rotasi ini merupakan gerak suatu planet yang berputar pada porosnya.

(baca juga: Matahari Berjerawat?)

Nama-nama planet tersebut diambil dari mitologi dewa-dewa Yunani. Contoh Venus berarti dewa kecantikan, Mars sebagai dewa Perang, Jupiter sebagai dwwa Petir, dan lain-lain. Planet-planet tersebut daoat diamati dari bumi, bahkan ada juga planet yang disebut bintang oleh orang awam seperti planet venus yang biasa disebut bintang kejora oleh orang-orang Jawa. Semua itu merupakan tanda-tanda kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa dan harus kita syukuri.

Penulis artikel di atas adalah Fajri Kholili Zain, siswa kelas XI IPA 1 SMA Nuris Jember. Penulis merupakan ketua M-Sains (Madrasah Sains) Nuris dan aktif di M-Sains (Madrasah Sains) bidang astronomi.

Related Post