Nuris Berduka, Sosok Guru Penyabar dan Pencinta Sains Tutup Usia

Pesantren Nuris– Keluarga besar Yayasan Nurul Islam Jember berkabung. Minggu (25/03) Nuris kehilangan sosok guru sains (Biologi) senior dan juga laboran profesional, bapak Mahful Septiawan.

Setelah memutuskan cuti selama kurang lebih dua bulan pada akhir Januari 2018 lalu, bapak Mahful berpulang ke Rahmatullah. Usaha pengobatan sudah dilaluinya baik medis maupun alternatif, namun takdir Allah SWT berkehendak lain dan beliau harus mengakhiri pengabdiannya di Yayasan Nurul Islam Jember.

Bapak Mahful merupakan guru Biologi SMA Nuris Jember dan juga kepala laboratorium IPA SMA Nuris Jember. Melalui kepandaiannya dan kecintaannya kepada pendidikan,  beliau berhasil menyelesaikan kuliah pascasarjananya dan menyandang gelar Magister Sains (M.Si.). Beliau terkenal sebagai sosok pendidik yang sabar dan kreatif, serta memiliki trik-trik jitu dalam belajar Biologi, sehingga selalu membuat siswa mudah mempelajari Biologi.

“Belajar Biologi bersama pak Mahful sangat menyenangkan. Beliau mampu menyampaikan dan mengemas materi dengan baik sehingga kami tidak merasa pelajaran Biologi adalah pelajaran yang susah. Semoga pak Mahful tenang di surga dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” kata Dian siswa kelas X IPA B.

Walaupun dalam keadaan sakit, semangat bapak Mahful untuk mengajar tetap berkobar. “Di saat awal beliau terkena penyakit lambung dan melakukan check up secara berkala ke dokter, bapak Mahful tetap melaksanakan tugasnya sebagai guru Biologi dan kepala laboratorium IPA di SMA Nuris Jember. Hingga akhirnya beliau mengajukan cuti dan tugasnya digantikan oleh juniornya Rizki Eka, S.Pd. Benar-benar salut dengan semangat beliau,” kata bu Eva guru Matematika SMA Nuris Jember.

(baca juga: USBN-BK sampai 2 Pekan di SMK Nuris Jember, Siap Mental dan Sukses)

Seluruh warga Yayasan Nurul Islam Jember melayat ke rumah duka di desa Kotok,  kecamatan Arjasa-Jember. Mereka bersama-sama menghantarkan beliau ke peristirahatan terakhirnya. Sebelumnya, beliau disalatkan di rumah duka dan langsung dipimpin oleh Syaikhul Ma’had Pesantren Nuris jember, KH. Muhyiddin Abdusshomad.

(baca juga: Penyelenggaraan USBN-BK di SMA Nuris Jember Lancar dan Tertib)

Turut hadir pula pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi Lc, beserta istri Ning Laylatul Happy Dian. Hadir pula Ning Balqis Al Humairo dan Gus Abdurrahman Fathoni. Selain itu, hadir pula Gus Rahmatullah Rijal dan Ning Hasanatul Kholidia. “Saya meminta seluruh Bapak dan Ibu guru memaafkan apabila pak Mahful pernah khilaf. Semoga beliau mendapat tempat terbaik dan khusnul khotimah, serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” tutur Gus Robith. (Red/Yuv)

Gambar prosesi pemakaman dipimpin langsung oleh KH. Muhyiddin Abdusshomad.

 

Related Post