Bertepatan Hari Kesehatan Sedunia, Vaksinasi Difteri di Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris– Peringatan  Hari Kesehatan Sedunia (HKS) kali ini di Yayasan Nurul Islam Jember berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, peringatan HKS di Nuris dengan menggelar suntik vaksinasi masal pencegahan difteri digelar serentak sabtu lalu (7/04/2018). Suntik masal pencegahan penyakit Difteri tersebut diberikan kepada seluruh siswa mulai dari TK Bina Anaprasa, MI Unggulan, SMP dan MTs Unggulan Nuris, SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris dan dilaksanakan di masing-masing lembaga.

Beberapa petugas kesehatan dari Puskesmas Sumbersari bertugas dengan baik dan berikan suntikan kepada masing-masing siswa. Sebelum kegiatan suntik Difteri masal ini dilaksanakan, diberikan penyuluhan Seluk Beluk penyakit Difteri oleh dr. Edwina Purwastuti kepala PKM Sumbersari, Henry Wulandari Amd.Keb., selaku Bidan wilayah kelurahan Antirogo, dan Dewi Rosa Meylani, Amd.Keb., selaku coordinator Promkes PKM Sumbersari Kegiatan penyuluhan tersebut dilaksanakan di masjid Baitun Nur Jumat malam (6/04/2018).

(baca juga:Ditjen Pothan Sosialisasikan Pengelolaan Sumber Daya Nasional di PP Nuris Jember)

Seluruh siswa Nuris pun mengikuti kegiatan suntik massal dengan tertib. Mereka benar-benar paham dengan apa yang dimaksud Difteri dan apa saja bahaya Difteri. Tidak terjadi masalah apapun pada diri siswa Nuris setelah suntik Difteri. “Tidak sakit kok disuntik Difteri. Setelah saya disuntik Difteri tidak terjadi apa-apa. Senang sekali disuntik Difteri kita bisa mencegah adanya penyakit Difteri pada diri kita,” kata salah satu siswa SMK Nuris Jember.

Penyakit Difteri merupakan infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa.

(baca juga: Sosialisasi Kader Kesehatan Nasional di Pesantren Nuris Jember)

Seluruh pihak bersyukur sekali atas terselenggaranya suntikan massal Difteri tersebut. “Alhamdulilah suntikan Difteri massal berjalan dengan lancar dan aman. Seluruh siswa sehat setelah disuntik Difteri. Semoga siswa Nuris selalu sehat,” ungkap Aniyatul Karimah, Sekretaris Koordinator Bidang Yayasan Nurul Islam Jember. (Red/Yuv)

Related Post