Briobriket Karya Siswa MA Unggulan Nuris, Juara Nasional di Malang

Pesantren Nuris- MA Unggulan Nuris makin bonafit dengan prestasinya. Baru-baru ini, tim Karya Tulis Ilmiah (KTI) madrasah tersebut berhasil rebut juara 3 dalam ajang lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Biokimia di Universitas Merdeka Malang (22/04/2018). Lomba tersebut tingkat SMA sederajat dan tingkat nasional.

Anggota tim KTI (Karya Tulis Ilmiah) MA Unggulan Nuris tersebut di antaranya Nur Indah, Kamaliatul M, dan Dian Firdausi. Mereka berkolaborasi dengan baik untuk menyusun KTI berjudul Briobriket Kupi: Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi Robusta Menjadi Birobriket Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Silosanen. Ketiganya berinisiatif untuk membuat arang dengan memanfaatkan kulit kopi Robusta yang terdapat di desa Silosanen, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut.

Lomba menulis KTI ini terdiri dari 3 babak. Babak pertama peserta diminta untuk mengirimkan abstrak secara online kemudian peserta yang lolos akan diminta untuk mengirimkan full paper berdasarkan abstrak yang ditulis secara online. Dari babak kedua tersebut diambil lima peserta terbaik untuk berlanjut ke babak final. Di babak final, mereka diminta untuk mempresentasikan tulisannya dalam bentuk Power Point secara langsung di Universitas Merdeka Malang.

(baca juga: PMR Wira MA Unggulan Nuris Raih Peringkat 2 Ajang Labdana Lamarta II Tingkat Provinsi)

Tim KTI (Karya Tulis Ilmiah) MA Unggulan Nuris ini, memiliki trik jitu sehingga bisa memenangkan kompetisi.  Hal yang mereka lakukan adalah langsung mengembangkan ide yang sudah ditemukan dan tidak menunda, membaca banyak jurnal dan artikel yang berkaitan dengan penelitiannya. Selain itu, ketika mempresentasikan tulisannya harus fokus pada juri, menjawab pertanyaan juri dengan meyakinkan dan berdasarkan teori , mempertahankan argumen dengan teori, bekerja sama dengan baik antar anggota, dan yang terakhir adalah percaya diri.

Kebahagiaan terlihat sekali di antaranya ketiganya. Mereka tak menyangka bisa menangkan kompetisi ini.  “Alhamdulilah, kami sangat senang sekali bisa dapatkan juara 3 dalam ajang lomba menulis KTI ini, apalagi lomba ini tingkat nasional. Semoga ke depan prestasi kami semakin meningkat dan bisa membanggakan orang tua serta almamater kami MA Unggulan Nuris, “ ungkap tim KTI MA Unggulan Nuris tersebut.

(baca juga: Update Terkini Capaian Prestasi MA Unggulan Nuris)

Prestasi di dunia tulis menulis yang telah diraih siswa MA Unggulan Nuris membuktikan bahwa siswa madrasah tersebut tidak hanya pandai di bidang agama saja, melainkan juga bidang-bidang lainnya. “Bangga sekali dengan siswa kami, semakin hari mereka semakin berprestasi. Prestasinya pun di berbagai bidang, tidak hanya keagamaan saja tetapi juga bidang lain. Semoga siswa kami selalu istiqomah untuk berprestasi, tutur Ning Balqis, kepala MA Unggulan Nuris. (Red/Yuv)

 

 

 

Related Post