Indahnya Belajar Bahasa Arab

Judul Buku      : Ainul Arab Lancar Berbahasa Arab

Penulis             : Halimy Zuhdi, M.Pd., M.A.

Penerbit           :UIN Maliki Press

Desain Isi        : Bayu Tara Wijaya

Desain Buku   : Arief Kadua

Tebal Buku      : 171 halaman

Peresensi         : Ahmad Rahmatullah

 

Sinopsis

Buku yang berjudul “Ainul Arab Lancar Berbahasa Arab” terdapat banyak sekali ungkapan-ungkapan yang dipaparkan penulis untuk pembaca yang baru saja belajar bahasa Arab. Ungkapan-ungkapan tersebut di antaranya ucapan selamat, ucapan pamit, ucapan takziah, ucapan selamat, ucapan pamit, ucapan permohonan maaf, dan lain-lain. Dalam buku tersebut juga dijelaskan jenis-jenis larangan, kalimat perintah dan penolakan, kalimat larangan, dan lain-lain. Preposisi atau kata depan juga dijelaskan dalam buku tersebut.

(baca juga: Surat Kecil untuk Tuhan, Inspirasi Menyentuh Hati)

Kelebihan

Buku yang berudul “Ainul Arab Lancar Berbahasa Arab” merupakan sebuah buku yang khusus disajikan pada pembaca yang ingin bisa bahasa Arab dengan cepat. Buku ini tidak menyediakan kosa kata (mufrodat) yang banyak, tetapi dalam buku ini berisi ungkapan-ungkapan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh  Ahlan Wa Sahlan yang artinya selamat datang. Melalui ungkapan-ungkapan tersebut, pembaca dapat dengan mudah praktik berbicara dengan menggunakan bahasa Arab. Selain itu, penulis juga tidak menyajikan kaidah-kaidah Nahwu, sebab dirasa akan menyulitkan pembaca sebagai seseorang yang baru saja belajar bahasa Arab. Buku ini lebih menekankan pada penghafalan ungkapan dan kemudian mempraktikkannya. Tidak hanya itu, buku karya Hilmy Zuhdi tersebut memiliki desain sampul yang sangat menarik minat pembaca.

(baca juga: Literasi Santri dan Jejak Pesantren dalam Sosiologi Sastra)

Kekurangan

Buku yang berjudul “Ainul Arab Lancar Berbahasa Arab” ditampilkan menggunakan kertas yang sering dipakai dalam cerpen. Jadi terkesan buram dan terkadang menyulitkan pembaca yang memiliki gangguan pada mata.

Nilai Buku

Buku “Ainul Arab Lancar Berbahasa Arab” sangat memudahkan pembelajar yang baru saja belajar bahasa Arab. Buku tersebut,akan menambah keinginan siswa atau mahasiswa untuk memperdalam bahasa Arab terutama dalam berbicara, dan semakin mempermudah untuk menguasainya serta mampu berkomunikasi dalam kegiatan sehari-hari.

Peresensi adalah Ahmad Rahmatullah siswa kelas X PK A MA Unggulan Nuris. Penulis juga anggota Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

 

Related Post